detikhealth

Perut Sering Sakit dan Mual, Apa Ini Tanda Kanker Usus?

Rabu, 31/10/2012 10:12 WIB
Perut Sering Sakit dan Mual, Apa Ini Tanda Kanker Usus?ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Dok, saya mau tanya penyakit bapak saya 62 tahun, beliau sering mengeluh merasa sakit atau perih di perut, mual, muntah, pusing, dan kadang nafsu makan berkurang. BAB juga kadang encer tapi kadang padat.

Seminggu pertama belum sembuh, masih mengeluh pusing dan mual, saya bawa ke dokter umum, katanya tipus. Terus seminggu berikutnya kok belum sembuh juga, saya bawa ke SpPD, katanya radang usus, terus dikasih obat inpepsa dan lain-lain. Lumayan 3 hari berikutnya perut bagian bawah sudah tidak lagi. Namun masih terasa pusing dan mual, kadang kalau habis makan pasti muntah.

Yang saya tanyakan, sebenarnya benar tidak dok, diagnosa dokter spesialis penyakit dalam itu tentang radang usus, apa ada kemungkinan yang lebih dari itu? Khawatirnya ternyata dimungkinkan adanya kanker usus. Soalnya sampai sebulan lebih ini, rasa sakit itu belum hilang-hilang. Dari dokter spesialis penyakit dalamnya pun setiap periksa hanya 'dipegang-pegang' saja, dan dikasih obat. Sudah 3 kali saya ke dokter penyakit dalam.

Apa memang harus di cek ke lab untuk bisa tahu lebih detailnya? Dan tes apa saja yang harus dilakukan? Minimal kalau memang bukan radang usus, saya bisa tahu lebih awal untuk penanganan dininya. Terimakasih.

Suparman (Laki-laki Lajang, 62 Tahun), s.adiXXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 165 Cm, Berat Badan 65 Kg

Jawaban

Langkah pertama adalah harus menjalani pemeriksaan jelas secara lebih lanjut seperti dengan pemeriksaan CT-SCAN abdomen bawah untuk mengetahui apakah benar ada tumor dan melihat perkembangannya.

Setelah itu sekaligus dilakukan pemeriksaan darah total dan tumor marker. Jika pemeriksaan tersebut sudah dilakukan, Bapak dapat membawanya untuk konsultasi dengan dokter kami secara gratis di Menara Citicon Jl.Letjen s parman kav 72 lantai 11 blok c2,Slipi-Jakbar,021-29308708,021-92088881.

Kanker usus termasuk salah satu jenis kanker yang cukup sering dijumpai pada orang berusia di atas 50 tahun. Kanker ini terjadi akibat tumbuhnya sel kanker di permukaan usus besar, yang pada stadium awal kebanyakan dimulai dengan polip.

Gejala yang muncul dari kanker usus ini seperti mudah lelah, nyeri di perut, diare, sembelit, adanya darah dalam kotoran, anemia dan bentuk feses yang panjang dan kecil-kecil.

Prof. Dr. Li Yuan Zhong
Adalah dokter di Rumah Sakit Modern Hospital Cancer, Guangzhou yang merupakan rumah sakit swasta yang telah diakui Departement Kesehatan Pemerintah China, dibawah naungan yayasan group 'Bo Ai'.

Pusat konsultasi cabang di Jakarta ada di Gedung Menara Citicon Lantai 11 Blok C2, Jl. Jend S Parman kavling 72 slipi, Jakarta Barat. Nomer telepon: (021) 999 333 80, (021) 920 88881, (021) 2930 8708, (021), 2930 8709 0818197758.

Cabang Surabaya di Jl HR Muhammad 75A Surabaya, dan no telp 031-7315222.
Alamat Website:
www.cancerhospital.co.id
http://www.asiancancer.com/


(ver/vit)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit