detikhealth

Orang Bisa Meninggal Jika Tidak Minum 10 Hari

Vera Farah Bararah - detikHealth
Minggu, 04/11/2012 09:57 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Kadang orang suka menyepelekan minum air putih, karenanya tak jarang kondisi ini memicu dehidrasi. Padahal jika seseorang tidak minum selama 10 hari bisa menyebabkan kematian.

"9-10 Hari orang nggak dapat air bisa meninggal, karena itu air sangat penting," ujar Prof dr Ahmad Sulaeman, ahli pangan dari IPB, dalam acara Jelajah Gizi Sarihusada di Gunung Kidul, Yogyakarta, Jumat (2/11/2012).

Prof Ahmad menuturkan setiap hari seseorang mengeluarkan cairan dari dalam tubuh baik melalui urine atau keringat. Cairan yang keluar ini harus segera diganti atau diisi lagi, karena itu minun air adalah hal yang sangat penting.

"Orang masih bisa bertahan hidup hingga sebulan jika tidak makan, tapi kalau nggak minum 9-10 hari bisa meninggal," ujar Prof Ahmad.

Dehidrasi merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi di masyarakat, tapi sayangnya banyak yang tidak menyadari hal ini. Gejala dehidrasi yang muncul seperti kulit dan mulut kering, berkurangnya volume urine, keringat, air liur, menangis tanpa mengeluarkan air mata, pusing atau sakit kepala dan pada tahap akhir bisa membuat tekanan darah turun serta pingsan.

Kebutuhan air yang harus dikonsumsi orang berbeda-beda, hal ini karena tergantung dari beberapa faktor seperti berat badan, jenis kelamin, cuaca dan juga aktivitas yang dilakukannya sehari-hari. Misalnya orang yang aktif secara fisik atau tinggal di iklim panas, maka kebutuhan airnya lebih banyak.

Untuk itu jangan anggap sepele minum air putih, biasakan selalu minum sebelum rasa haus datang meskipun berada di dalam ruangan yang dingin atau ber-AC karena tubuh tetep mengeluarkan cairan dalam bentuk urine dan juga napas. Jika cairan ini tidak segera digantikan maka bisa memicu terjadinya dehidrasi yang membuat fungsi tubuh tidak bisa bekerja optimal.

(ver/vta)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit