detikhealth

Waspadai Meningkatnya Risiko Serangan Jantung Saat Musim Dingin

Linda Mayasari - detikHealth
Senin, 05/11/2012 19:30 WIB
Waspadai Meningkatnya Risiko Serangan Jantung Saat Musim DinginFoto: ThinkStock
Jakarta, Ketika musim dingin tiba, Anda bukan hanya harus waspada terhadap berkembangnya penyakit seperti flu, batuk, dan demam, tetapi juga penyakit jantung. Sebab masalah jantung juga dapat dipengaruhi perubahan musim.

Para ahli menyatakan bahwa orang yang memiliki masalah jantung harus ekstra hati-hati saat musim dingin tiba, karena suhu dingin telah dikaitkan dengan peningkatan kasus serangan jantung dan penyakit arteri lainnya.

"Hal ini disebabkan karena viskositas atau kekentalan darah akan meningkat ketika suhu rendah, sehingga jantung dan arteri akan bekerja lebih keras dalam memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh," kata Vikas Ahluwalia, konsultan penyakit Max Super Speciality Hospital di India, seperti dilansir health.india, Senin (5/11/2012).

Ahluwalia juga menyarankan agar penderita diabetes dan orang-orang yang memiliki hipertensi untuk lebih berhati-hati ketika musim dingin tiba, dengan mengontrol tekanan darah. Orang yang berisiko tinggi terhadap penyakit jantung juga harus mengubah kebiasaan makannya.

Orang cenderung mengonsumsi makanan berlemak, berkalori tinggi atau mengandung kadar gula yang tinggi untuk menghangatkan badan. Padahal makanan tersebut merupakan salah satu faktor penyebab masalah jantung.

"Sebagai tindakan pencegahan, pasien jantung tidak dianjurkan untuk berolahraga terlalu awal di pagi hari, di mana suhu sangat rendah," kata Anuja Chauhan, seorang ahli penyakit dalam.

Selain itu, Anda harus menjaga agar tubuh tetap terhidrasi untuk menangkal penyakit karena di musim dingin, seseorang cenderung minum air lebih sedikit. Anak-anak yang fisiknya lebih lemah juga harus mendapatkan asupan protein yang lebih tinggi.

Selain orang yang berisiko terhadap penyakit jantung, lansia, ibu hamil dan pengidap diabetes juga harus lebih berhati-hati ketika musim dingin tiba.





(nvt/nvt)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit