detikhealth

Ulasan Khas Serba-serbi Payudara

Payudara Terasa Sakit? Ini Sebab-sebabnya

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Rabu, 07/11/2012 18:28 WIB
Halaman 1 dari 2
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Setiap bulannya, ada masa-masa di mana organ payudara terasa sakit. Rasa sakit pada organ terseksi di tubuh wanita ini bisa jadi karena kondisi normal atau juga berbahaya.

"Payudara terasa sakit biasanya karena pengaruh hormonal (estrogen dan progesteron), seperti saat menjelang menstruasi. Tapi kalau sakitnya terus-terusan itu tidak berhubungan dengan hormon," jelas dr Shahnaz Nadia, SpKK dari FKUI-RSCM, saat berbincang dengan detikHealth, seperti ditulis Rabu (6/11/2012).

Hal yang sama juga disampaikan dr Elida Sari Siburian, SpBP, dokter bedah plastik dari RS Pondok Indah, Jakarta. Menurutnya, bila payudara terasa sakit rutin setiap bulan, maka hal tersebut tergolong normal dan hanya karena perubahan hormonal.

Namun bila payudara terasa sakit yang terjadi secara terus-menerus, bisa jadi menjadi pertanda kanker bila ditandai dengan adanya benjolan.

"Selama kondisi tersebut masih dalam batas wajar Anda tidak perlu takut, namun apabila sudah sangat mengganggu sebaiknya datang kepada dokter spesialis kandungan," jelas dr Budiman, SpBP, dari Perhimpunan Ahli Bedah Plastik Indonesia (PERAPI).

Ada beberapa penyebab lain di balik sakitnya payudara, seperti dilansir Boldsky:

1. Kram menstruasi
Penyebab paling umum nyeri pada payudara biasanya menstruasi. Ada retensi air dalam tubuh karena pengaruh hormon, yang membuat terasa semakin berat. Hal ini dianggap normal selama wanita mengalami menstruasi.Next

Halaman 1 2
(mer/nvt)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit