detikhealth

Ulasan Khas Sehat dengan Pijat

Keseleo, ke Dokter atau ke Tukang Urut?

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Rabu, 14/11/2012 08:03 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Mendengar kata keseleo, yang paling sering terlintas di pikiran tentu tukang urut atau pijat. Tapi tidak semua keluhan keseleo dapat diatasi oleh tukang urut lho!

Keseleo terjadi ketika kaki terkilir, juga cedera pada ligamen yang disebabkan oleh perenggangan otot yang melebihi kapasitas normal. Umumnya keseleo terjadi pada pergelangan kaki dan lutut. Pada kasus di mana baik ligamen atau jaringan otot robek, kemungkinan diperlukan pembedahan.

Pada masyarakat awam, keseleo lebih sering diobati dengan mendatangi tukang urut. Padahal, tidak setiap keseleo dapat diatasi oleh tukang urut. Salah-salah cedera pada tubuh Anda malah makin parah.

"Kalau keseleo ringan, boleh ke tukang urut asal tidak ada perubahan bentuk, tidak panas dan digerakkan tidak sakit secara berlebihan. Jadi prinsipnya look (lihat), feel (rasakan) dan move (gerakkan)," tutur Dr Michael Triangto, SpKO, ahli kesehatan olahraga dari RS Mitra Kemayoran saat berbincang dengan detikHealth, ditulis Rabu (14/11/2012).

Menurut Dr Michael, ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan ketika mencari pertolongan untuk keseleo, yaitu:

1. Look (lihat)
Jika terjadi pembengkakan, daerah yang keseleo berwarna merah atau tempurung lutut berpindah, maka harus segera dibawa ke dokter.

2. Feel (rasakan)
Sentuh bagian tubuh yang keseleo. Jika terasa sakit, terasa panas, hangat, ada cairan di dalamnya, maka harus segera dibawa ke dokter.

3. Move (gerakkan)
Jika ketika digerakkan terasa sakit atau bahkan tidak mampu berjalan, maka harus segera dibawa ke dokter.

"Kalau cederanya baru, harus diistirahatkan dulu. Diberi es, ditenangkan diberikan obat supaya tidak banyak gerak, ditinggikan. Istilahnya Rest, Ice, Compression dan Elevation (RICE). Selama 2 x 24 jam tidak boleh di massage. Itu yang non-operatif, tapi kalau terjadi robekan fatal atau cedera yang benar-benar parah, saya akan rujuk ke dokter bedah tulang," tutur Dr Michael.

Namun meski sudah berobat ke tukang urut atau dokter, Dr Michael menuturkan bahwa tidak ada cedera yang dapat benar-benar sembuh, termasuk keseleo. Selalu ada gejala sisa yang bisa atau tidak bisa terasa.

"Kalau atlet, ototnya kan dilatih terus menjadi lebih kuat, lebih besar, jadi cedera sisa biasanya tidak dirasakan walaupun masih ada," tutup Dr Michael.


(mer/vit)

Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit