detikhealth

Ulasan Khas Sehat dengan Pijat

Urat Terjepit, Biarkan Tukang Urut Bekerja?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 14/11/2012 10:23 WIB
Halaman 1 dari 2
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Salah urat dan keseleo bisa menimpa siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang yang sudah lanjut usia. Tapi sebagian orang akan lari ke tukang urut jika mengalami salah urat, tepatkah pengobatan ini?

Gangguan salah urat biasanya disebabkan oleh kondisi terkilir atau mengalami keseleo. Hal ini biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman atau sakit yang bisa membuat aktivitas atau kegiatan seseorang terhenti.

Jika mengalami kondisi ini maka hampir sebagian besar orang akan lari ke tukang pijat atau urut tradisional, kebanyakan masyarakat beranggapan dengan dipijat akan membuat kondisinya membaik dan bukan masalah besar sehingga tidak perlu pergi ke dokter.

"Sebaiknya dilihat dulu, kalau salah uratnya karena ada urat yang kejepit maka tidak apa-apa dibawa ke tukang urut," ujar DR. H. Briliantono M Soenarwo, SpOT, FICS, MD, PhD, MBA dari Halimun Medical Centre, saat dihubungi detikHealth dan ditulis, Rabu (14/11/2012).

Meski begitu Dr Briliantono menyarankan jika seseorang mengalami keseleo, maka hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah memberikan kompres dingin sampai bengkaknya hilang. Jadi jangan langsung diberikan pemijatan atau diurut.

"Kalau mau pakai balsem juga boleh. Setelah itu baru boleh dipijat atau di bawa ke tukang urut, dan yang boleh dipijat itu bagian uratnya, untuk persendiannya nggak boleh dipijat," ujar Dr Briliantono.

Walau begitu, jika keseleo atau salah urat ini sudah dipijat tapi tak juga sembuh, misalnya sudah 2 hari tidak sembuh atau jadi bengkak dan lebam sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.Next

Halaman 1 2
(ver/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit