detikhealth

Bayi 1 Tahun Susah Merangkak karena Sekat Jantungnya Bocor

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 14/11/2012 16:15 WIB
Bayi 1 Tahun Susah Merangkak karena Sekat Jantungnya BocorIlustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Anak saya 6,5 bulan didiagnosis PJB VSD 4-5 mm tanpa kebiruan, sekarang ditangani oleh dokter spesialis jantung anak dengan pengobatan rutin (sekarang sudah berusia 1 tahun)

1. Apakah nantinya bisa menutup sendiri atau harus melalui operasi?
2. Pertumbuhan motoriknya lambat, sekarang baru bisa duduk dan berdiri itu pun dibantu. Tidak bisa merangkak, kalau tengkurap langsung mengguling lagi. Saat ini sudah melakukan fisioterapy (sudah 2 bulan).

Pemeriksaan apa yang harus saya lakukan untuk dapat memperlancar motorik anak saya?

Ary (Pria Menikah, 34 Tahun), aryXXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 158 Cm dan Berat Badan 59 Kg

Jawaban:

Berdasarkan pernyataan Anda, kami ingin kembali menegaskan apakah besar lubang pada VSD tersebut 4-5 mm, atau 4-5 cm? Karena bila 4-5 cm maka cukup besar, bayi tersebut wajib dioperasi. Bila 4-5 mm, maka kerusakan lubang tersebut tidak perlu dioperasi dan akan menutup dengan sendirinya. Jika Anda ingin memastikan besarnya lubang VSD tersebut, maka Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan USG jantung.

VSD (ventrikular septal defect) adalah kebocoran pada sekat bilik. Penyakit jantung bawaan type VSD terbagi 2 yakni penyakit jantung bawaan biru dan penyakit jantung bawaan non biru. Pada PJB biru, lidah, bibir dan kuku terlihat bila bayi menangis. Hal ini terjadi karena adanya kelainan pada organ jantung yang mengakibatkan darah kotor mengalir kesirkulasi darah sehingga berwarna biru.

Pada Penyakit jantung bawaan non biru, keluhan yang terjadi adalah sesak napas, berat badannya sulit brtambah.

Klasifikasi berdasarkan besar lubang terbagi 3 jenis yaitu kecil ( < 0,5 cm2), sedang (0,5-1,0 cm2), besar (> 1 cm2). Bila lubang tersebut 4-5 mm, maka anak bapak tergolong VSD jenis sedang atau moderate mendekati batas bawah (0,5 cm2).

Keluhan pada pasien VSD kecil lebih sering asimptomatik atau tidak bergejala. Lubang VSD tersebut akan dengan sendirinya tertutup saat pasien berusia antara 1-4 tahun (75 persen saat usia 2 tahun). Pada pasien VSD tipe sedang-besar memiliki gejala seperti sesak nafas, frekuensi nafas meningkat, terlihat pucat, mudah lelah setelah beraktivitas, gagal menaikkan berat badan.

Anda harus melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter untuk mengetahui progesifitas dari besarnya defek (kerusakan) karena dengan meningkatnya usia maka terjadi pembesaran organ-organ sehingga diharapkan lubang yang ada akan menutup.

Kami saat ini tidak dapat memberikan solusi yang terbaik mengenai kondisi Anak, karena kami harus membaca hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya baru bisa memberikan solusi kepada Anda mengenai kondisi anak Anda (termasuk gejala yang dia rasakan, berat badan dan tinggi badannya). Jika berkenan, Anda boleh datang dan berkonsultasi langsung dengan dokter kami gratis. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi

Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E ,Jalan S Parman Kav72,Slipi.Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(up/vit)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit