detikhealth

Suplemen Untuk Otot Pria Ternyata Bisa Usir Depresi Wanita

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Senin, 19/11/2012 12:02 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Untuk membentuk otot lebih besar, beberapa pria di samping melakukan olahraga teratur juga mengkonsumsi suplemen otot. Ternyata suplemen ini juga bermanfaat bagi wanita, namun bukan untuk membentuk otot, melainkan dapat berguna mengusir depresi.

Creatine secara luas dikenal sebagai suplemen otot untuk membantu pria membentuk otot lebih besar dengan waktu yang relatif singkat. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa creatine juga dapat membantu wanita yang sedang menderita depresi.

Para peneliti dari 3 universitas di Korea Selatan dan University of Utah menemukan bahwa wanita yang menderita gangguan depresi berat lebih cepat 2 kali lipat merespons obat antidepresan jika dikombinasi dengan mengkonsumsi 5 gram creatine.

Penelitian yang berlangsung selama 8 minggu ini mengevaluasi 52 orang wanita Korea Selatan berusia 19-65 tahun. Sebanyak 25 wanita diberikan kombinasi creatine dengan antidepresan Lexapro, sedangkan 27 orang sisanya diberi plasebo.

Dalam laporan yang dimuat American Journal of Psychiatry, para peneliti mewawancarai peserta pada awal percobaan, kemudian 2 minggu, 4 minggu dan 8 minggu berikutnya. Untuk menentukan depresi atau tidak, peneliti menggunakan 3 buah penilaian.

Hasil penilaian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi creatine menunjukkan peningkatan kondisi psikis dalam waktu 2-4 minggu setelah mendapat kombinasi obat. Pada akhir percobaan, setengah dari wanita dalam kelompok yang mendapat creatine tidak menunjukkan tanda-tanda depresi.

"Tujuan akhirnya adalah membuat orang merasa lebih baik dengan cepat. Creatine adalah asam amino yang dibuat dalam hati, ginjal dan pankreas manusia. Zat ini juga ditemukan dalam daging dan ikan. Di dalam tubuh, creatin diubah menjadi phosphocreatine dan disimpan dalam otot," kata Perry F. Renshaw, MD, Ph.D, MBA, profesor psikiatri di University of Utah Medical School seperti dilansir Medical Daily, Senin (19/11/2012).

Renshaw menambahkan, selama menjalani aktivitas fisik yang tinggi, phosphocreatine diubah menjadi ATP, yaitu sumber energi yang penting bagi sel. Oleh karena itu, creatine menjadi suplemen yang populer di kalangan binaragawan dan atlet yang ingin menambah massa otot atau meningkatkan kemampuan atletiknya.

Creatin juga dapat ditemukan dalam berbagai bubuk perasa. Zat ini meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghasilkan energi dengan lebih cepat, sehingga memungkinkan atlet berlatih keras dan mendapat hasil dengan lebih cepat.

(pah/vta)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit