detikhealth

Putri Tidur di Dunia Nyata, Nicole Delien Tidur Panjang 64 Hari

Nurvita Indarini - detikHealth
Senin, 19/11/2012 18:27 WIB
Putri Tidur di Dunia Nyata, Nicole Delien Tidur Panjang 64 HariFoto: Daily Mail
Jakarta, Sleeping Beauty alias Si Putri Tidur rupanya tidak hanya ada dalam dongeng. Adalah Nicole Delien yang dijuluki Putri Tidur di dunia nyata. Sebab gadis 17 tahun ini sudah tidur selama 64 hari.

Nicole mengalami gangguan tidur Kleine-Levine atau 'Sindrom Putri Tidur', yang merupakan gangguan tidur yang langka. Demikian dikutip dari Daily Mail, Senin (19/11/2012).

Selama waktu tidurnya itu, Nicole memang beberapa kali bangun. Namun dia hanya bangun sebentar untuk makan dan pergi ke kamar mandi. Setelah itu, dia kembali jatuh tertidur.

Menurut sang ibunda, Vicki, gadis asal Pennsylvania, AS, ini akan tidur 18-19 jam dalam sehari. Ketika Nicole kemudian bangun untuk makan, dia seperti sedang tidur sambil berjalan.

Keluarga Nicole kemudian diundang dalam sebuah acara talkshow untuk memberi tahu kepada keluarga lainnya bahwa ada gangguan tidur langsa semacam itu. Gunanya agar semua orang menjadi lebih waspada.

Vicki Delien mengatakan dirinya sangat frustrasi atas apa yang menimpa anaknya. Dia pun berusaha untuk mendapatkan diagnosis untuk putrinya dengan mendatangi sejumlah rumah sakit.

Seorang dokter di RS Allegheny General Hospital di Pittsburgh, Pennsylvania, menyebut gangguan tidur yang dialami Nicole dapat disembuhkan dengan sejumlah cara, termasuk dengan mengonsumsi obat. Gangguan ini dapat dialami seseorang dalam hitungan pekan, bulan, maupun tahun tanpa ada gejala apapun. Saat sedang kambuh pun tidak ada gejala apapun.

Dengan obat yang diberikan dokter, gangguan tidur yang dialami Nicole bisa dienyahkan sementara. Nicole mengaku dirinya merasa sedih telah tidur berkepanjangan karena akibatnya dia harus melewatkan Thanksgiving, Natal, ulang tahun dan perjalanan pertama keluarga ke Disney World.

Dia bahkan kehilangan kesempatan untuk bertemu penyanyi pop idolanya, Katy Perry. Tapi ketika Katty Perry mengetahui peristiwa itu, dia pun memastikan Nicole bisa menemuinya di belakang panggung saat pertunjukannya digelar di Connecticut. Meski begitu Nicole takut gangguan tidur itu kembali terjadi.

Berdasarkan Jurnal Oxford, penyakit ini juga dapat menyebabkan masa tidur yang berlebihan, serta gejala seperti disorientasi, halusinasi, hingga sikap kekanak-kanakan. Dalam laporan juga disebutkan gangguan tersebut banyak dialami oleh laki-laki muda.

Penyebab Sindrom Kleine-Levin hingga kini masih belum diketahui. Seorang mahasiswa, Eric Haller, juga mengaku mengalami gangguan tersebut. Kepada ABC News Eric menyebut dirinya sakit dan kemudian jatuh tertidur dalam masa yang panjang seperti yang dialami Nicole, sekitar 8-10 kali dalam setahun.

(vit/up)


Ikuti survei online detikHealth berhadiah paket dari SOHO dan merchandise di sini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit