detikhealth

Jantung Membengkak Usai Melahirkan, Apa Bisa Mengecil Lagi?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 20/11/2012 11:45 WIB
Jantung Membengkak Usai Melahirkan, Apa Bisa Mengecil Lagi?Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Dok, saya divonis dokter terkena penyakit jantung (pembengkakan jantung). Sebelum saya menikah belum merasakan gejala-gejala tapi setelah melahirkan sekitar 2 minggu saya merasakan sakit termasuk nyeri di dada, susah makan, sering berkeringat, susah tidur dan jantung berdebar-debar.

Yang ingin saya tanyakan, apakah ada obat untuk bisa pulih kembali? Dan pembengkakan apa bisa mengecil kembali? Kira-kira apa penyebabnya jantung bisa bengkak? Terima kasih.

Susanti (Perempuan Menikah, 24 Tahun), susanti.XXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 150 Cm dan Berat Badan 43 Kg

Jawaban:

Sebelumnya kami ingin menanyakan, ketika dokter memvonis bahwa Anda terkena pembengkakan jantung apakah disebutkan penyebabnya karena apa? Karena penyebab dari pembengkakan jantung sangat beraneka ragam, maka beda pula solusi pengobatannya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda konsultasi langsung (datang) ke dokter mengenai penyebab dan solusi pengobatan dari penyakit Anda.

Mengenai penyebab dari pembengkakan jantung ada berbagai macam. Pertama, pembengkakan jantung karena Hipertensi atau tekanan darah tinggi. Terjadinya tekanan darah tinggi menyebabkan fungsi otot jantung harus ektra kerja keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Ini sangat berpengaruh terhadap terjadinya pembengkakan pada jantung.

Solusinya adalah mengurangi makanan yang mengandung garam-garaman berlebih, serta penyedap rasa MSG.

Kedua, pembengkakan jantung karena kurangnya berolahraga. Tubuh yang jarang berolahraga akan jarang mengeluarkan keringat. Resiko berat badan lebih atau obesitas menjadi pemicu terjadinya pembengkakan pada jantung. Tidak hanya pembengkakan pada jantung saja, badan berlebih juga menyebabkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner.

Ketiga, pembengkakan jantung karena kerusakan pada katup jantung. Katup jantung ada 4, yakni katup mitral, trikuspid, pulmonal dan katup aorta. Masing-masing katup memiliki tugas dan peranannya masing-masing dalam memompa darah keseluruh tubuh. Jika ada salah satu bagian katup mengalami kebocoran atau penyempitan, maka sebaiknya Anda langsung memeriksakan diri ke dokter untuk solusi dan cara penyelesaian dari kebocoran atau penyempitan masing-masing katup.

Keempat, pembengkakan jantung karena kelainan jantung sejak lahir (jantung bawaan). Contohnya jantung bocor atau kerusakan (lubang) pada jantung. Jika ada kerusakan pada lubang sebaiknya Anda langsung periksa ke dokter untuk mencari solusi dan cara pengobatan dari kerusakan jantung tersebut.

Jika ada waktu, Anda boleh datang dan berkonsultasi ke kantor kami gratis dengan catatan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi

Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E ,Jalan S Parman Kav72,Slipi.Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(up/vit)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close