detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Kenali Macam-macam Benjolan di Payudara

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 04/12/2012 08:56 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Perempuan mana yang tidak panik dan khawatir jika menemukan adanya benjolan di salah satu atau kedua payudara. Berikut ini beberapa jenis benjolan yang bisa muncul di payudara dan kemungkinannya.

Tidak semua benjolan yang terdapat di payudara itu disebabkan oleh kanker, terkadang benjolan yang ada ini tidak berbahaya dan bisa dihilangkan melalui operasi kecil.

Ahli dari Cleveland Clinic Taussig Cancer Institute mengungkapkan ada beberapa jenis benjolan yang bisa muncul di payudara, seperti dikutip dari Health, Selasa (4/12/2012) yaiti:

1. Benjolan lembut
Biasanya benjolan ini halus, lembut yang bentuknya bulat seperti buah anggur dan bergerak sedikit ketika menekan di atasnya, serta bisa menyebabkan rasa sakit saat disentuh.

Bisa jadi benjolan ini adalah kista atau kantung berisi cairan alami yang disebabkan oleh perubahan hormon. Pemeriksaan yang dilakukan adalah USG untuk melihat apakah benjolan ini berisi cair atau padat. Dokter juga bisa memasukkan jarum untuk mengeluarkan cairan dan mengurangi tekanan jika kista terasa menyakitkan.

2. Keluar cairan
Biasanya ditemukan keluar cairan dari kedua puting susu. Kondisi ini bisa jadi akibat cairan dari kelenjar susu. Penyebabnya bisa karena ada masalah di kelenjar tiroid atau hipofisis, serta bisa juga akibat stimulasi puting. Cobalah bicara dengan dokter, jika disebabkan oleh masalah kelenjar biasanya ddiberikan obat-obatan.

3. Massa lembut
Munculnya massa lembut di payudara biasanya berukuran sekitar 1-4 inci yang disertai nyeri di salah satu atau kedua payudara sebelum menstruasi, bisa jadi itu adalah fibrocystic.Next

Halaman 1 2
(ver/nvt)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit