detikhealth

Dikira Gejala Pilek, Ternyata Cairan Otak Meler Lewat Hidung

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Selasa, 04/12/2012 11:32 WIB
Halaman 1 dari 2
Aundrea Aragon (Foto: ABC News)
Arizona, Seorang wanita di Arizona mengalami gejala hidung meler selama 4 bulan. Awalnya ia mengira itu hanyalah gejala flu biasa. Setelah mengunjungi ahli bedah, ia terkejut mendapati bahwa cairan yang keluar dari hidungnya bukan disebabkan oleh flu, melainkan cairan dari otaknya.

Aundrea Aragon (35 tahun) merasa ada hal yang aneh akan gejala hidung melernya itu sebab cairan dari hidungnya itu keluar terlalu banyak. Cairan akan selalu menetes tiap kali ia membungkuk. Ia sudah memeriksakan diri ke dokter, tetapi dokter mengiranya gejala flu.

"Itu bahkan tidak menetes, itu mengalir keluar dari hidung saya. Jika saya melihat ke bawah atau membungkuk, cairan kan keluar dari hidung kiri saya, tak bisa dikontrol sama sekali," kata Aragon seperti dilansir ABC News, Selasa (4/12/2012).

Aragon mengaku bahwa beberapa minggu sebelum mengalami kebocoran otak ini, ia mengalami infeksi sinus dan diresepkan antibiotik oleh dokternya. Karena begitu sibuk dengan 3 anaknya yang baru berumur 9-16 tahun, ia tidak begitu memusingkan obatnya.

Setelah minum obat tersebut, Aragon tidur namun terbangun karena tersedak cairan dari hidungnya yang tak henti-hentinya mengalir. Obat semprot hidung tidak efektif mengatasi melernya, maka ia pun menjadi bingung dan pergi ke UGD terdekat.

Seorang perawat di UGD yang memeriksanya terkejut melihat banyaknya cairan yang keluar dari hidung Aragon. Ketika cairan itu diperiksa di laboratorium, ternyata protein yang ada dalam cairan itu adalah cairan otak.

Aragon lalu dirujuk ke spesialis bedah di University of Arizona Medical Center. Ia terkejut mendapat diagnosis bahwa otaknya bocor. Cairan ingus yang keluar sebenarnya adalah cairan cerebrospinal yang merembes lewat 2 celah di bagian belakang sinus.Next

Halaman 1 2
(pah/nvt)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit