detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

8 Hal yang Membuat Orang Gampang Lupa

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Rabu, 05/12/2012 07:03 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Pepatah bilang manusia adalah tempatnya salah dan khilaf. Itu lah sebabnya mengapa semua orang pasti pernah lupa akan sesuatu, entah lupa menaruh kunci atau lupa membeli sesuatu. Namun jika sering lupa, bisa jadi ada gangguan fisik yang memicu.

Masalah usia dan penuaan seringkali menjadi kambing hitam atas buruknya daya ingat seseorang. Seringkali faktor kesibukan dan tekanan mental membuat ingatan jadi kacau. Secara umum, memang ada banyak hal yang bisa menyebabkan kelupaan.

Beberapa gangguan fisik juga sebenarnya dapat memicu orang jadi pelupa. Seperti dilansir Body and Soul, Rabu (5/12/2012), gangguan fisik tersebut antara lain:

1. Tekanan darah tinggi
Sebuah penelitian di AS yang melibatkan lebih dari 30.000 orang selama 4 tahun menemukan bahwa pengidap tekanan darah tinggi mendapat skor buruk dalam tes memori. Daya ingatnya juga mengalami penurunan yang besar dari waktu ke waktu.

Kenaikan tekanan darah dapat mengubah struktur pembuluh darah, membuatnya jadi lebih tebal dan sulit mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, bisa menyebabkan kerusakan organ, termasuk di otak sehingga mempengaruhi daya ingat dan kemampuan berpikir.

2. Perjalanan jarak jauh
Daya ingat dapat mulai terpengaruh setelah menjalani penerbangan yang berlangsung lebih dari 4 jam. Pengaruhnya seperti terkena benturan di kepala dan mengalami gangguan ingatan untuk jangka pendek. Ketika mekanisme tubuh sudah normal kembali, ingatan akan apa yang terjadi saat memori sedang terganggu nampaknya sulit kembali.

3. Kekurangan vitamin B12
Vitamin B12 sangat penting untuk fungsi saraf. Kekurangan vitamin B12 bisa mengganggu kemampuan berpikir, dari berkurangnya daya ingat sampai kepikunan. Para ilmuwan meyakini bahwa vitamin B12 dapat menjaga selubung myelin atau lapisan yang yang menyelubungi saraf. Jika selubung rusak, maka transmisi pesan dari dan ke otak dapat terganggu.Next

Halaman 1 2
(pah/vit)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit