detikhealth

Nyeri di Bawah Ketiak, Adakah Hubungannya dengan Jantung?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 18/12/2012 12:27 WIB
Nyeri di Bawah Ketiak, Adakah Hubungannya dengan Jantung?Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Pertama kali merasakan nyeri di dada kiri sampai bawah ketiak pada awal tahun kemarin, agak sesak napas dan harus tiduran agar tidak terlalu nyeri. Karena tangan kiri saya waktu itu sedang berusaha menggapai pinggang kanan saya, melewati punggung.

Hingga saat ini, kurang lebih sudah terjadi lagi sebanyak 3x. Tapi tidak disertai sesak napas. Hanya nyeri di bagian dada kiri dan bawah ketiak, rasanya seperti ada otot yang tertarik.

Kenapa ya, Dok? Berbahayakah?

Afifah (Wanita menikah 25 Tahun)
hafifaXXX@yahoo.com
Tinggi 155 cm dan Berat 48 kg

Jawaban:

Sebelumnya, apakah ibu Afifah sudah memeriksakan diri ke dokter? Dokter mengatakan apa ya? Jika belum, sebaiknya Ibu memeriksakan segera ya. Dokter akan memberikan perawatan yang terbaik sesuai dengan kondisi Ibu Afifah.

Mengenai nyeri dada di sebelah kiri, banyak hal yang menyebabkan terjadinya nyeri dada. Misalnya nyeri dada yang berasal dari paru-paru (infeksi saluran pernapasan), nyeri dada dari saluran pencernaan (maag, asam lambung meningkat), nyeri pada otot atau tulang dada, nyeri dada akibat tulang rusuk yang patah, nyeri dada yang berasal dari jantung, dan sebagainya.

Nyeri dada yang berasal dari jantung biasanya diserti sesak dada, sesak napas, jantung berdebar-debar (palpitasi), memiliki denyut jantung yang tidak teratur, dan disertai dengan kelelahan yang luar biasa.

Oleh karena itu kami sarankan Ibu untuk secara langsung memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab langsung dari nyeri dada yang anda rasakan saat ini.
Demikianlah kami sampaikan, bila masih ada pertanyaan Ibu boleh datang dan konsultasi langsung dengan dokter kami gratis dengan persyaratan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi

Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E ,Jalan S Parman Kav72, Slipi, Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(up/vit)


Punya pengalaman menarik seputar diet ? Kirimkan disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit