detikhealth

Jantung Membesar Sekaligus Infeksi Paru, Harus Bagaimana?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kamis, 20/12/2012 11:54 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Saya ingin konsultasi mengenai penyakit dalam. Saya seorang ibu rumah tangga, memiliki seorang anak usia 3 tahun. Kegiatan saya sehari-sehari hanya di rumah mengurus rumah tangga.

Saya memiliki problem penyakit yang baru saya tahu beberapa bulan yang lalu. Hasil dari rontgen bahwa saya mengidap pembesaran jantung (kardiomegali) dan infeksi paru-paru kanan.

Saya ingin tahu bagaimana cara (terapi) penyembuhannya? Saya sendiri bingung dengan kondisi penyakit itu, sebab pembesaran jantung tidak boleh terlalu banyak capek, sementara saya juga infeksi paru-paru, sehingga harus berolahraga.

Mohon petunjuk terapi yang baik agar penyakit saya dapat sembuh, dan apa obatnya yang harus saya konsumsi. Terimakasih sebelumnya.

Wati (Wanita Menikah 29 Tahun)
watiXXX@yahoo.com
Tinggi 155 cm dan Berat 80 kg

Jawaban:

Sebelumnya, Ibu Wati sudah cek ke dokter dan melakukan pemeriksaan rontgen dada dan hasil tes menunjukkan bahwa Ibu mengidap pembesaran jantung dan infeksi paru-paru. Lalu apakah Ibu memiliki riwayat penyakit keluarga seperti darah tinggi? Lalu berapa persen pembesaran jantungnya? Kami ingin memahami kondisi ibu lebih mendalam, mengenai kondisi yang saat ini ibu alami, gejala yang ibu rasakan, dan sebagainya.

Pembesaran jantung (cardiomegaly) adalah kondisi yang mana terjadi pembesaran pada jantung yang terlihat dari pemeriksaan X-ray. Beberapa hal diketahui bisa menyebabkan jantung membesar seperti stres, kehamilan atau kondisi tubuh sendiri misalnya melemahnya otot jantung, penyakit arteri koroner, masalah katup jantung atau detak jantung abnormal.

Mengenai terapi pengobatannya, kami ingin tahu berapa persen pembesaran jantung Ibu. Lalu kondsi yang saat ini Ibu alami. Jika Ibu berkenan, Ibu boleh berkonsultasi langsung dengan dokter kami gratis dengan persyaratan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya.

Kami juga mengundang ibu ke seminar dan konsultasi kesehatan bersama kepala dokter kami dari Yodak Cardio-thoracic shanghai gratis, tidak dipungut bayaran sepeser pun dengan persyaratan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya.

Profesor Xiao Mingdi

Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E ,Jalan S Parman Kav72, Slipi, Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.

(up/vit)

Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit