detikhealth

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Bagaimana Cara Mengecek Keperawanan?

Azhari Harahap - detikHealth
Jumat, 21/12/2012 18:15 WIB
Bagaimana Cara Mengecek Keperawanan?(Foto: thinkstock)
Jakarta,

Saya mau menanyakan beberapa pertanyaan:

1. Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan masturbasi? Terkadang suka terangsang sendiri untuk masturbasi. Seperti sudah sangat candu.

2. Bagaimana cara mengecek sendiri apakah selaput dara sudah robek atau belum. Dan apakah operasi selaput dara berbahaya? Biasanya operasinya paling lama berapa lama Dok? Apakah benar-benar bisa seperti perawan lagi, dengan keluarnya darah? Berapa harganya Dok? Dan apa saja prosedur mengikuti operasi tersebut?

3. Bagaimana cara menghilangkan keputihan dan dampak keputihan apa Dok? Apakah bisa menyebabkan kemandulan? Makanan yang baik untuk kesuburan?

Yanti (Wanita Lajang, 24 tahun), yantiXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 160 cm dan Berat Badan 100 kg

Jawaban

Masturbasi tidak berbahaya untuk kesehatan selama frekuensinya tidak mengganggu kegiatan rutin serta dilakukan secara higienis. Bila dirasakan telah 'mencandu (masturbation-holic)', perlu diimbangi dengan kegiatan olahraga, hobi dan spiritual (sesuai dengan agama dan kepercayaan Anda).

Keutuhan selaput dara hanya bisa diperiksa di poli-kebidanan. Tidak bisa di-check sendiri.

Anda masih muda, tidak usah berniat untuk operasi selaput-dara (hymen-vagino-plastic surgery), yang dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik.

Di negeri yang belum ada kesetaraan gender, selalu yang dituntut pada kaum perempuan sebelum nikah adalah 'keperawanan' (virginity). Kapan kiranya kaum perempuan juga menuntut 'keperjakaan' pada kaum pria sebelum nikah?

Keputihan (fluor albus) bisa karena infeksi atau non-infeksi (gangguan hormonal). Jadi harus diperiksa dulu di poli kebidanan untuk menentukan penyebab dan terapinya.

Yang bisa menyebabkan kemandulan biasanya karena infeksi, antara lain toxoplasma, PMS (Penyakit Menular Seksual).

Makanan yang baik untuk kesuburan adalah yang mengandung komposisi gizi seimbang: 50 persen karbohidrat, 30 persen lemak, 20 persen protein. Masih dalam penelitian, diduga kandungan Zn dalam tiram, kerang berperan pada kesuburan. Juga kedelai (soybean), ekstrak murni Tribulus Terrestris L, diduga pula mengandung phytohormone untuk kesuburan.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.



(mer/vit)


 
Baca Juga

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit