detikhealth

Ini Tanda-tanda Kehamilan yang Sehat di Usia 7 Minggu

Linda Mayasari - detikHealth
Jumat, 04/01/2013 10:45 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: ThinkStock)
Jakarta, Ketika hamil muda, Anda harus lebih berhati-hati menjaga kandungan karena kehamilan yang masih berusia kurang dari 7 minggu masih sangat lemah dan rawan keguguran. Anda perlu memastikan bahwa kehamilan dan janin Anda sehat.

Pada usia kehamilan 7 minggu, Anda akan merasakan tanda-tanda tertentu yang dapat menjadi pertanda bahwa kondisi kehamilan Anda sehat, seperti dilansir mom.me, Jumat (4/1/2013), yaitu:

1. Berhenti menstruasi
Ketika wanita telah positif hamil, dirinya tidak akan mendapatkan menstruasi selama kehamilan. Sekitar 20 sampai 30 persen wanita hamil biasanya mengalami sedikit pendarahan di awal kehamilan. Tetapi hanya setengah dari jumlah tersebut kadang tidak dapat mempertahankan kehamilannya dan mengalami keguguran.

Produksi hormon progesteron pun meningkat dan menyebabkan penebalan lapisan rahim, sebagai tempat implan embrio yang akan tumbuh menjadi janin kemudian bayi. Pada tahapan ini, Anda mungkin akan merasakan sedikit kram perut dan pendarahan ringan, yang disebut pendarahan implantasi.

Hal ini terjadi karena penanaman embrio pada lapisan rahim. Setelah kehamilan berusia 7 minggu, kram dan pendarahan ringan biasanya akan mereda. Jika pendarahan semakin banyak dan tidak kunjung reda, segera konsultasikan kehamilan Anda ke dokter untuk mewaspadai keguguran.

2. Perubahan payudara
Awal kehamilan yang sehat ditandai dengan perubahan pada payudara, yang disebabkan oleh peningkatan kadar estrogen. Areola atau daerah gelap di sekitar puting dan puting itu sendiri akan berubah warna menjadi lebih gelap.

Pembuluh darah di payudara menjadi lebih menonjol dan Anda mungkin akan merasakan gatal dan kesemutan pada area payudara dan puting. Payudara Anda juga akan membesar hingga ukurannya naik sekitar 2 cup.Next

Halaman 1 2
(vit/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit