detikhealth

Hal-hal Sepele Ini Menentukan Panjang Umur atau Mati Muda

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 04/01/2013 17:56 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Umur manusia adalah salah satu misteri terbesar yang tak bisa diprediksi dengan tepat oleh siapapun. Namun berbagai faktor bisa mempengaruhi panjang pendeknya umur, terutama jika dikaitkan dengan kesehatan dan berbagai risiko penyakit.

Siapa sangka, hal-hal yang dalam keseharian sering dianggap sepele ternyata bisa mempengaruhi umur seseorang. Memang tidak secara langsung, tetapi ikut menentukan apakah seseorang panjang umur karena selalu sehat atau mati muda karena gampang kena penyakit.

Hal-hal sepele yang bisa ikut menentukan umur antara lain sebagai berikut seperti dikutip dari MensHealth.com, Jumat (4/1/2013).

Hal-hal yang memperpanjang umur

1. Minum alkohol: tambahan umur 30 menit
Meski kontroversial, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman beralkohol dalam takaran punya kandungan antioksidan yang bermanfaat. Kandungan tersebut bisa melawan radikal bebas penyebab kanker. Tentunya tidak boleh berlebihan karena justru bisa memicu gangguan jantung.

2. Minum kopi: tambahan umur 30 menit
Sama seperti minuman beralkohol, kopi juga mengandung antioksidan yang bisa melawan kanker. Takaran yang dianjurkan adalah 2-3 cangkir setiap hari, atau beberapa sumber menyebut maksimal 5 cangkir.

3. Latihan kardio: tambahan umur 1 jam
Tambahan umur selama 1 jam bisa didapat hanya dalam 20 menit pertama latihan kardio, atau olahraga yang melatih jantung seperti lari atau bersepeda. Makin sering dilakukan, tentunya tambahan umur akan makin banyak karena tubuh makin bugar dan terhindari dari penyakit.Next

Halaman 1 2
(up/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit