detikhealth

Hal-hal Sepele Ini Menentukan Panjang Umur atau Mati Muda

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 04/01/2013 17:56 WIB
Hal-hal Sepele Ini Menentukan Panjang Umur atau Mati MudaIlustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Umur manusia adalah salah satu misteri terbesar yang tak bisa diprediksi dengan tepat oleh siapapun. Namun berbagai faktor bisa mempengaruhi panjang pendeknya umur, terutama jika dikaitkan dengan kesehatan dan berbagai risiko penyakit.

Siapa sangka, hal-hal yang dalam keseharian sering dianggap sepele ternyata bisa mempengaruhi umur seseorang. Memang tidak secara langsung, tetapi ikut menentukan apakah seseorang panjang umur karena selalu sehat atau mati muda karena gampang kena penyakit.

Hal-hal sepele yang bisa ikut menentukan umur antara lain sebagai berikut seperti dikutip dari MensHealth.com, Jumat (4/1/2013).

Hal-hal yang memperpanjang umur

1. Minum alkohol: tambahan umur 30 menit
Meski kontroversial, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman beralkohol dalam takaran punya kandungan antioksidan yang bermanfaat. Kandungan tersebut bisa melawan radikal bebas penyebab kanker. Tentunya tidak boleh berlebihan karena justru bisa memicu gangguan jantung.

2. Minum kopi: tambahan umur 30 menit
Sama seperti minuman beralkohol, kopi juga mengandung antioksidan yang bisa melawan kanker. Takaran yang dianjurkan adalah 2-3 cangkir setiap hari, atau beberapa sumber menyebut maksimal 5 cangkir.

3. Latihan kardio: tambahan umur 1 jam
Tambahan umur selama 1 jam bisa didapat hanya dalam 20 menit pertama latihan kardio, atau olahraga yang melatih jantung seperti lari atau bersepeda. Makin sering dilakukan, tentunya tambahan umur akan makin banyak karena tubuh makin bugar dan terhindari dari penyakit.

4. Latihan kardio lebih lama: tambahan umur 30 menit
Manfaat latihan kardio tidak akan berlipat-lipat karena kalau terlalu lama juga malah bikin sakit. Setelah 20 menit pertama, tambahan umur yang bisa didapat dari latihan kardio hanya sekitar 30 menit tiap latihan selama 40 menit berikutnya.

5. Makan buah dan sayur 5 porsi: tambahan umur 2 jam
Jangan abaikan pola makan karena hal itu sangat menentukan harapan hidup seseorang. Menaati aturan 5 porsi buah dan sayur tiap harinya bisa menambah umur selama 2 jam.

Hal-hal yang memperpendek umur

1. Minum alkohol: memperpendek umur 15 menit
Tidak perlu bingung dengan penjabaran tentang alkohol sebelumnya. Pada penyajian pertama, alkohol memang memperpanjang umur tetapi jika dilanjutkan maka tiap sajian minuman beralkohol akan mengurangi umur selama 15 menit karena bisa memicu masalah jantung dan kerusakan hati.

2. Nonton TV selama 2 jam: mengurangi umur 30 menit
Menonton televisi selalu dikaitkan dengan gaya hidup sedentary atau malas-malasan dan kruang gerak. Risikonya adalah kegemukan dan masalah jantung serta pembuluh darah. Keduanya termasuk gangguan kesehatan paling mematikan.

3. Makan daging merah: mengurangi umur 30 menit
Konsumsi daging merah yang terlalu banyak tanpa diimbangi serat yang cukup juga termasuk faktor risiko penyakit kanker, khususnya kanker saluran cerna yang mematikan.

4. Berjenis kelamin laki-laki: mengurangi umur 2 jam
Penelitian menunjukkan bahwa usia harapan hidup laki-laki cenderung lebih pendek dibanding perempuan. Tentunya banyak faktor lain yang mempengaruhinya sehingga tidak perlu buru-buru memutuskan untuk ganti kelamin.

5. Merokok sebungkus: mengurangi umur 5 jam
Sebungkus rokok cukup untuk memangkas usia selama 5 jam. Ratusan racun yang terkandung di atasnya adalah biang dari berbagai masalah kesehatan, mulai dari kanker, gangguan jantung dan pembuluh darah, impotensi serta gangguan kehamilan dan janin.

(up/vit)


Ikuti survei online detikHealth berhadiah paket dari SOHO dan merchandise di sini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit