Konsultasi Kesehatan Bersama
Zoya Amirin, M.Psi

Psikolog seksual bersertifikasi dengan pendidikan seksual berlatar belakang psikologi. Ketua Komunitas Studi Perilaku Seksual, anggota Asosiasi Seksologi Indonesia. Pengajar di Fakultas Kesehatan Masyarakat, UI.

Gairah Bercinta Naik Saat Ingat Istri Selingkuh, Normalkah?

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Senin, 07/01/2013 15:09 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Mbak Zoya, saya sudah menikah beberapa tahun. Dulu sewaktu masih berpacaran, istri pernah berselingkuh dengan laki-laki lain dan menjalin hubungan sebagai pacar. Saya baru mengetahuinya setelah menikah dan sering memicu terjadinya pertengkaran dengan istri.

Anehnya, setiap bertengkar dengan istri dan membayangkan hal tersebut, timbul keinginan saya untuk berhubungan badan dengan istri dan menimbulkan kepuasan pada diri saya. Yang mau saya tanyakan, sikap tersebut wajar atau tidak? Mohon petunjuknya.

Ady (Laki-laki Menikah, 35 tahun) aliXXXX@rcoid.com
Tinggi Badan 165 cm, Berat Badan 155 kg

Jawaban

Saudara Ady yang baik, saya paham kekecewaan Anda terhadap masa lalu yang baru Anda ketahui sekarang mengenai istri Anda. Munculnya gairah bercinta dengan istri ketika bertengkar mengenai mantan sebenarnya disebabkan karena Anda sebagai laki-laki butuh menunjukkan bahwa Anda lebih perkasa dari laki-laki lain yang pernah bercinta dengannya.

Banyak pria yang merasakan apa yang Anda rasakan dan melakukan apa yang Anda lakukan. Tapi hal ini secara psikologis tidak sehat. Bercinta bukanlah kompetisi adu jantan. Pada akhirnya Anda berdua kalah oleh ego semata. Maafkanlah istri Anda sehingga tidak perlu ada pertengkaran sehingga kedua pihak sampai saling mengeluarkan perkataan yang menyakitkan dan memperumit hubungan.

Istri Anda tidak memiliki mesin waktu untuk memperbaiki kesalahan yang sudah lewat. Yang penting selama menjadi istri Anda, pernahkah ia mengkhianati Anda? Bicarakan kekhawatiran Anda tentang saat ini dan masa depan, jangan bertengkar soal masa lalu yang sudah tidak bisa Anda berdua perbaiki.

Bicarakan baik-baik hal apa saja yang bisa memicu istri berselingkuh agar Anda berdua tetap mampu mempertahankan pernikahan yang bahagia sampai nanti. Fokuskan pada masa kini dan ke depan saja. Good luck.

Zoya Amirin, M.Psi
Psikolog seksual bersertifikasi yang memiliki pendidikan seksual yang berlatar belakang psikologi. Ketua dalam Komunitas Studi mengenai Perilaku Seksual, anggota dari Asosiasi Seksologi Indonesia.

Pengajar mata kuliah Kesehatan Reproduksi, Ilmu Hubungan antar manusia, Public Relation, Ilmu Komunikasi Dasar di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

(pah/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit