detikhealth

Ayo Berdiri! Terlalu Banyak Duduk Lebih Mematikan dari Merokok

Linda Mayasari - detikHealth
Rabu, 09/01/2013 07:31 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Meningkatnya angka kematian di seluruh dunia, kini tidak lagi disebabkan oleh faktor penyakit menular. Penyakit tidak menular akibat kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok atau kurangnya aktivitas fisik, menjadi pembunuh nomor satu di dunia.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa gaya hidup yang tidak sehat merupakan faktor utama penyebab berbagai penyakit yang mematikan seperti kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke dan penyakit jantung.

Nikotin dalam rokok telah menyebabkan masalah pernapasan dan meningkatkan risiko berbagai penyakit tersebut di atas. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal the Lancet, kurangnya aktivitas fisik atau terlalau banyak duduk lebih berbahaya dari dampak buruk merokok.

Terlalu banyak duduk dinilai lebih mematikan daripada merokok hingga 10 persen. Padahal kebiasaan merokok saja telah banyak menyebabkan komplikasi penyakit, coba bayangkan seperti apa dampak yang lebih buruk dari itu akibat kurangnya aktivitas fisik.

Para peneliti dari Harvard Medical School menganalisis data kematian global pada tahun 2008. Sebagian besar kasus kematian disebabkan oleh kondisi kesehatan yang terkait dengan aktivitas fisik yang rendah, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker tertentu.

Peneliti menemukan bahwa 6 sampai 10 persen dari penyakit ini terkait dengan ketidakaktifan seseorang selama setidaknya 150 menit seminggu. Bahkan, para peneliti mengatakan kurangnya aktivitas fisik tersebutlah yang menyebabkan 5,3 juta kasus kematian, dibandingkan dengan 5 juta kematian akibat merokok.

"Dengan mengurangi risiko tersebut sebesar 10 persen saja dapat menghemat 533.000 nyawa lebih di seluruh dunia setiap tahun," kata para peneliti, seperti dilansir fitsugar, Rabu (9/1/2013).

Sejumlah studi lain juga telah menemukan bahwa kebanyakan orang terlalu banyak menghabiskan waktu untuk duduk bekerja di depan komputer tanpa diimbangi dengan olahraga. Hal ini dapat diatasi dengan meningkatkan aktivitas fisik dengan berolahraga 5 hari dalam seminggu selama paling sedikit 30 menit setiap kali latihan.

Pilihlah jenis olahraga sedang seperti berjalan dan sering-seringlah bangkit dari tempat duduk Anda sekedar untuk mengambil minum atau meregangkan otot tubuh. Cara tersebut dapat memerangi kematian yang disebabkan karena terlalu banyak duduk.

(vit/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close