detikhealth

Ulasan Khas Puting Payudara

Cara Merawat Puting Susu Selama Hamil dan Menyusui

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 09/01/2013 13:57 WIB
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Puting susu merupakan salah satu bagian dari organ tubuh yang penting dalam proses menyusui. Bagaimana cara merawat bagian tubuh ini selama proses hamil dan juga menyusui?

Berbagai perawatan kadang dilakukan oleh sang calon ibu termasuk bagian putingnya agar bisa optimal dalam memberikan ASI pada buah hatinya kelak. Ternyata tak sulit merawat bagian puting ini.

"Memberikan pijat atau menarik puting agar lebih menonjol sebaiknya dikerjakan setelah melahirkan," ujar Dr Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM saat dihubungi detikHealth dan ditulis, Rabu (9/1/2013).

Untuk keberhasilan menyusui memang perawatan puting payudara ini bisa dibicarakan pada saat hamil, tapi pengerjaannya sebaiknya dilakukan ketika sudah melahirkan dan bukan pada saat hamil, karena takut memicu kontraksi.

Dr Utami menuturkan kondisi puting yang masuk ke dalam jarang sekali, karena biasanya seiring bertambah usia kehamilan maka puting ini akan lebih menonjol dan ia juga menjadi lebih lentur.

"Yang terpenting saat menyusui itu bukan panjang pendeknya puting, tapi kelenturan dari puting itu yang bertambah," ujar Dr Utami yang juga berpraktek di rumah sakit St Carolus, Jakarta.

Selain itu disarankan jika ingin melakukan pijat payudara sebaiknya jangan menggunakan minyak atau lotion karena ditakutkan akan masuk ke dalam ASI. Tapi cukup dengan melakukan pemijatan dengan tangan tanpa menggerakkan kulit, sehingga mencegah terjadinya luka atau lecet.

Jika terjadi lecet atau luka di puting payudara, maka hindari penggunaan lotion atau krim, tapi cukup mengoleskan bagian yang luka tersebut dengan ASI, karena di dalam ASI terdapat zat anti infeksi.

Serta tak ada salahnya untuk membersihkan puting dengan air hangat setiap habis mandi untuk menjaga kebersihannya dan hindari penggunaan sabun yang bisa membuat bagian puting kering, karena jika kering menyebabkan lapisan puting mengelupas dan muncul rasa sakit ketika menyusui.

(ver/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit