detikhealth

Amerika Serikat, Negara dengan Kesehatan Penduduk Terburuk

Linda Mayasari - detikHealth
Kamis, 10/01/2013 16:30 WIB
Amerika Serikat, Negara dengan Kesehatan Penduduk Terburuk(Foto: ThinkStock)
Jakarta, Amerika dikenal sebagai salah satu negara terkaya di dunia, tetapi sayangnya hal ini tidak diimbangi dengan kualitas kesehatan penduduk yang baik. Bahkan menurut laporan terbaru, tingkat kesehatan penduduk Amerika adalah yang terburuk dibandingkan negara-negara lain di dunia.

National Research Council and the Institute of Medicine merilis sebuah laporan yang menyatakan bahwa Amerika memiliki angka kematian di usia muda yang sangat tinggi dibandingkan negara-negara kaya lainnya, seperti Australia, kanada, Jepang, dan beberapa negara di Eropa Barat, seperti dilansir myhealthnewsdaily, Kamis (10/1/2013).

Jumlah pasien yang mengembangkan penyakit tidak menular dan angka cedera penduduk Amerika juga lebih tinggi dibanding negara-negara lain. Laporan ini adalah yang pertama kali menyoroti tentang kualitas kesehatan penduduk masing-masing negara di dunia.

Masalah kesehatan yang dihadapi orang-orang Amerika bahkan tidak memandang usia dan semua orang memiliki risiko kesehatan yang sama besar. Padahal negara tersebut memiliki angka pendapatan yang lebih tinggi, kualitas pendidikan yang baik dan kemudahan mengakses asuransi kesehatan.

"Masalah kesehatan yang harus dihadapi penduduk Amerika termasuk kematian bayi dan berat lahir bayi yang rendah, kecelakaan dan pembunuhan, kehamilan remaja, penyakit menular seksual, obesitas, diabetes dan penyakit jantung," kata Steven H. Woolf, pemimpin studi tersebut yang merupakan profesor kedokteran di Virginia Commonwealth University.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa kebanyakan masalah kesehatan mempengaruhi anak-anak dan remaja.

Selama beberapa dekade, jumlah kematian bayi di Amerika mencapai angka tertinggi dibanding negara berpenghasilan tinggi lainnya. Angka kelahiran prematur dan jumlah kematian balita yang tinggi juga semakin memperburuk catatan masalah kesehatan penduduk Amerika.

Sedangkan angka kematian yang cukup tinggi pada usia remaja lebih banyak disebabkan karena kecelakaan mobil, pembunuhan dan kehamilan remaja yang berakhir dengan praktek aborsi yang tidak aman. Terlebih lagi, remaja Amerika lebih cenderung mengembangkan infeksi menular seksual daripada remaja di negara lain akibat budaya pergaulan yang terlalu bebas.

Kasus kematian yang terjadi pada orang dewasa di atas usia 50 tahun, umumnya disebabkan oleh penyakit tidak menular yang berkembang karena gaya hidup yang tidak sehat.

Para ilmuwan menyatakan bahwa alasan dibalik rendahnya kualitas kesehatan di Amerika adalah kemiskinan dan ketimpangan pendapatan, pola makan yang buruk, tingkat penyalahgunaan narkoba yang tinggi, kecelakaan mobil yang melibatkan alkohol dan akses untuk mendapatkan senjata api dengan mudah.

Tetapi Amerika rupanya memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik terkait dengan perilaku sehat. Misalnya, orang Amerika di atas usia 75 tahun hidup lebih lama daripada orang-orang di negara berpenghasilan tinggi lainnya. Penduduk Amerika juga memiliki tingkat kematian akibat stroke, kanker, hipertensi dan kolesterol tinggi yang lebih rendah.

Para ilmuwan yang terlibat dalam studi tersebut merekomendasikan kepada para pejabat kesehatan untuk lebih menginformasikan kepada publik Amerika tentang kerugian kesehatan yang dialami negara. Sehingga penduduk Amerika akan menjadi lebih proaktif menjaga kesehatannya dengan memperbaiki gaya hidup dan meminimalisir faktor penyebab kematian.




(vit/vit)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close