detikhealth

Bagaimana Pembuluh Darah Pecah Bisa Mengakibatkan Kematian?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 14/01/2013 11:47 WIB
Bagaimana Pembuluh Darah Pecah Bisa Mengakibatkan Kematian?Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Dokter, apa penyebab dari orang yang meninggal karena pembuluh darah yang pecah? Apa ada masalah dengan jantung atau dengan pembuluh darahnya? Mohon penjelasannya Dok. Terimakasih.

Hendradi (Perempuan Lajang, 18 Tahun)
henXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 162, Berat Badan 64 Kg

Jawaban:

Apakah ada yang terserang penyakit jantung? Jantung apa ya? Lalu dokter sebelumnya mengatakan apa?

Mengenai penyebab kematian, penyebab kematian manusia yang banyak di seluruh dunia adalah penyakit jantung koroner. Jantung Koroner dianggap berbahaya dan mematikan, dan bila Jantung koroner tidak dapat ditangani dengan baik akan menyebabkan terjadinya serangan jantung dan gagal jantung.

Jantung koroner ada berbagai macam, di antaranya penyakit angina, infark miokard akut (serangan jantung), iskemia miokard, gagal jantung (heart failure ), kematian mendadak. Mengenai infark miokard akut, artinya sekelompok otot jantung mengalami penyumbatan mendadak dari arteri koroner. Penyumbatan mendadak ini disebabkan adanya penumpukan zat-zat lemak secara bertahap dialiran darah disepanjang lapisan arteri yang membatasi aliran darah kejantung.

Iskemia miokard, artinya berkurangnya aliran darah ke otot jantung, di mana aliran darah melalui arteri terganggu. Gagal jantung artinya, ketidakmampuan otot jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Gagal jantung ada 2 jenis, yakni gagal jantung kanan dan kiri. Gagal jantung kanan artinya ketidakmampuan sisi kanan jantung dalam memompa darah secara memadai kedalam sirkulasi paru-paru. Gagal jantung kiri artinya ketidakmampuan sisi kiri jantung untuk memmompa darah secara memadai kedalam sirkulasi sistemik.

Mengenai pengobatannya, tergantung pada jenis dan penyebab pasti penyakit jantung koroner yang dialami oleh pasien. Kami menyarankan untuk segera ke dokter spesialis jantung dan melakukan pemeriksaan jantung lengkap, seperti EKG, USG jantung, Angiografi koroner.

Jika masih ada pertanyaan, Anda boleh datang dan berkonsultasi dengan dokter kami gratis dengan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya. Terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi

Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E, Jalan S Parman Kav72, Slipi, Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(vit/vit)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit