detikhealth

Ulasan Khas Cek Kesehatan Pranikah

Ini yang Harus Diperhatikan Sebelum Tes Kesehatan Pranikah

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Rabu, 16/01/2013 17:01 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Layaknya tes kesehatan umum, sebelum melakukan tes kesehatan pra nikah juga ada beberapa syarat yang perlu dipersiapkan. Apa saja?

Premarital check up atau tes kesehatan pranikah pada dasarnya hampir sama dengan tes kesehatan lainnya. Hanya saja waktunya dilakukan menjelang hari pernikahan dan hasilnya tidak hanya berpengaruh pada diri sendiri, melainkan juga pada pasangan dan calon keturunan kelak.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum tes kesehatan pra nikah?

"Puasa untuk pemeriksaan gula darah dan kolesterol," tutur dr Frizar Irmansyah, SpOG, dokter kandungan dari RS Pusat Pertamina, saat dihubungi detikHealth, Rabu (16/1/2013).

Sebelum melakukan tes kesehatan pra nikah, kedua pasangan harus berpuasa selama 10 hingga 12 jam, tapi masih diperbolehkan minum air putih. Ditambah lagi bagi wanita, sebaiknya tidak melakukan tes saat sedang menstruasi.

"Kalau untuk haid, takutnya ada kontaminasi darah di urine. Tapi itu sebenarnya bisa diakali dengan urine pancar tengah atau pakai alat," jelas dr Frizar lebih lanjut.

Melakukan tes kesehatan saat sedang menstruasi bisa membuat urine terkontaminasi dengan darah. Hal ini bisa membuat salah diagnosis pada tes urine.Next

Halaman 1 2
(mer/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit