detikhealth

Ulasan Khas Cek Kesehatan Pranikah

Ini yang Harus Diperhatikan Sebelum Tes Kesehatan Pranikah

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Rabu, 16/01/2013 17:01 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Layaknya tes kesehatan umum, sebelum melakukan tes kesehatan pra nikah juga ada beberapa syarat yang perlu dipersiapkan. Apa saja?

Premarital check up atau tes kesehatan pranikah pada dasarnya hampir sama dengan tes kesehatan lainnya. Hanya saja waktunya dilakukan menjelang hari pernikahan dan hasilnya tidak hanya berpengaruh pada diri sendiri, melainkan juga pada pasangan dan calon keturunan kelak.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum tes kesehatan pra nikah?

"Puasa untuk pemeriksaan gula darah dan kolesterol," tutur dr Frizar Irmansyah, SpOG, dokter kandungan dari RS Pusat Pertamina, saat dihubungi detikHealth, Rabu (16/1/2013).

Sebelum melakukan tes kesehatan pra nikah, kedua pasangan harus berpuasa selama 10 hingga 12 jam, tapi masih diperbolehkan minum air putih. Ditambah lagi bagi wanita, sebaiknya tidak melakukan tes saat sedang menstruasi.

"Kalau untuk haid, takutnya ada kontaminasi darah di urine. Tapi itu sebenarnya bisa diakali dengan urine pancar tengah atau pakai alat," jelas dr Frizar lebih lanjut.

Melakukan tes kesehatan saat sedang menstruasi bisa membuat urine terkontaminasi dengan darah. Hal ini bisa membuat salah diagnosis pada tes urine.

Kondisi seperti ini dirasakan langsung oleh seorang wanita bernama Wulan (25 tahun). Akhir Desember lalu ia dan pasangan melakukan tes kesehatan pra nikah di sebuah laboratorium klinik. Saat itu dia sedang menstruasi, meski sudah hari-hari terakhir.

Petugas laboratorium sempat menanyakan perihal tersebut dan sampel urinenya pun ditandai dengan huruf 'M', yang artinya kurang lebih sedang menstruasi.

"Ternyata hasilnya saya ada Hburia (hemoglobinuria atau kondisi yang membuat terdeteksi hemoglobin dalam darah). Agak shock dan saya mulai googling itu penyakit apa. Karena takut, akhirnya check ulang di rumah sakit pas haid sudah selesai. Tes urine dan darah lagi dan Alhamdulillah hasilnya negatif. Tapi ongkosnya jadi boros karena harus ambil sampel darah dan urine ulang," tutur Wulan.

Jadi sebelum melakukan tes kesehatan pranikah, sebaiknya dipersiapkan baik-baik. Agar tidak memberatkan, puasa bisa dilakukan sejak malam hari, mulai dari pukul 10 malam hingga 8 pagi.

Untuk pemeriksaan gula darah, setelah mengambil sampel darah puasa, biasanya kedua pasangan juga akan diminta kembali untuk melakukan pengambilan sampel darah 2 jam setelah makan.

(mer/vit)

Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit