detikhealth

Perhatian! Mulai 1 Maret 2013, Kartu Jamkesmas Lama Tak Berlaku Lagi

Vera Farah Bararah - detikHealth
Jumat, 18/01/2013 17:42 WIB
Halaman 1 dari 2
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Pemerintah sudah memperbarui data penerima jaminan kesehatan atau Jamkesmas. Meski kartu baru sudah mulai berlaku sejak 1 Januari 2013 lalu, tapi kartu Jamkesmas yang lama masih berlaku hingga akhir Februari 2013.

"Ada yang belum dapat digunakan di rumah sakit, tapi kartu (baru) ini sudah dapat digunakan sejak 1 Januari 2013," ujar dr Supriyantoro, SpP, MARS selaku Dirjen Bina Upaya Kesehatan (BUK) Kemenkes dalam acara temu media mengenai Pendistribusian Kartu Jamkesmas di Gedung Kemenkes, Jakarta, Jumat (18/1/2013).

dr Supriyantoro menuturkan karenanya selama bulan Januari-Februari ini dijadikan sebagai bulan transisi, karenanya kartu lama masih berlaku. Ini karena adanya masalah dalam hal geografi sehingga distribusinya belum mencapai semua.

"Diharapkan akhir Februari atau per 1 Maret 2013 kartu lama tidak berlaku lagi, semua menggunakan kartu baru," ungkap dr Supriyantoro.

Tahapan dari proses distribusi kartu baru ini sudah dilakukan sejak November-Desember 2012. Setelah diperoleh nama penerima, datanya dikirim ke PT Askes selaku pengelola kepesertaan lalu diberikan nomor peserta dan dimasukkan dalam program aplikasi kemudian baru dicetak dan didistribusikan. Untuk distribusinya melalu jalur dinas kesehatan kabupaten/kota.

Keterlambatan kartu peserta terjadi karena kartu yang dikirim ke dinas kesehatan kabupaten/kota dilakukan dalam 2 tahap karena adanya data yang tidak valid, atau terdapat salah pengiriman antar kabupaten.

Sementara itu Dr dr Fachmi Indris, MKes selaku Direktur Utama PT Askes menuturkan siapa pun yang membawa kartu itu ke rumah sakit, lalu diverifikasi oleh Askes dan ada dimaster file Askes maka memenuhi syarat menerima pelayanan di rumah sakit tersebut.Next

Halaman 1 2
(ver/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit