detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 22/12/2014 13:16
100 Konsultasi Terpopuler

Awas, Orang yang Merasa Kesepian Gampang Sakit

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Selasa, 22/01/2013 10:56 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Mungkin ini adalah semacam nasihat kepada para jomblo agar tidak meratapi kesendiriannya. Sebab merasa sendiri dan kesepian ternyata tidak bagus bagi kesehatan. Sebuah penelitian menemukan bahwa akibatnya bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut penelitian yang dilakukan Ohio State University, kesepian dapat membebani sistem kekebalan tubuh seperti halnya stres kronis. Rasa kesepian dapat mengaktifkan virus herpes pada seseorang dan memunculkan gejala lain yang berkaitan dengan stres kronis.

Para peneliti mengamati bahwa kesepian meningkatkan produksi protein tertentu di dalam tubuh. Protein ini diproduksi dalam tubuh ketika terjadi peradangan dan pada akhirnya bisa memicu banyak penyakit seperti jantung koroner, diabetes tipe 2, arthritis dan Alzheimer. Protein ini juga berkaitan dengan proses penuaan.

"Hubungan yang buruk kualitasnya dikaitkan dengan sejumlah gangguan kesehatan, termasuk kematian prematur dan segala macam penyakit yang sangat serius. Orang-orang yang kesepian jelas merasa seolah berada dalam hubungan yang berkualitas buruk," kata peneliti, Lisa Jaremka seperti dilansir Counsel and Heal, Selasa (22/1/2013).

Sebelum sampai pada kesimpulan ini, Jaremka meneliti 200 relawan yang telah berhasil sembuh dari kanker payudara. Relawan ini rata-rata berusia 51 tahun. Interval waktu antara selesainya pengobatan dan keikutsertaan dalam penelitian ini adalah sekitar 2 bulan - 3 tahun.

Semua sampel darah relawan dikumpulkan dan respon kekebalan tubuhnya terhadap antibodi Epstein-Barr dan sitomegalovirus juga ikut diteliti. Kedua virus ini merupakan jenis virus herpes. Keunikan dari virus ini adalah bisa tidak aktif dan dapat diaktifkan kembali.

Pada proses aktif kembali atau reaktifasi, terjadi peningkatan antibodi dalam sistem kekebalan tubuh walau tidak menunjukkan gejala yang jelas. Proses ini menunjukkan adanya masalah pada pengaturan sistem kekebalan tubuh seluler.

"Kami melihat peradangan lebih banyak terjadi pada orang yang merasa kesepian daripada yang tidak merasa kesepian. Penting juga untuk diingat, bahwa orang-orang yang merasa sangat terhubung secara sosial mendapatkan dampak yang lebih positif," pungkas Jaremka.

(pah/vit)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit