detikhealth

Dada Kiri Nyeri & Sesak Seperti Ditindih, Apakah Sakit Jantung?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 22/01/2013 11:49 WIB
Halaman 1 dari 2
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Dok, mau tanya kenapa nyeri dada kiri saya sampai sekarang masih ada ya? Lebih dari 1 tahun yang lalu saya mengalami nyeri dada dan sesak rasanya di dada, seperti ada yang menindih dada saya, rasanya berat.

Kemudian saya ECG di Puskesmas. Atas saran dokter Puskesmas saya (karena curiga AMI) disuruh ke RS Karyadi Semarang untuk ECO. Saya pun periksa ECO, hasil ECO kata dokter S masih bagus dan diberi terapi untuk nyeri dada.

Tetapi nyeri dada sebelah kiri saya tidak berkurang dan nyerinya sampai ke punggung, terkadang nyerinya menjalar ke lengan kiri saya sehingga seperti tak ada daya pada lengan kiri saya. Kemudian oleh Dr S, dilakukan treadmill. Hasil treadmill ada kelainan 1 1/4 entah pada yang mana saya lupa, kemudian saya di terapi: ada concor, aspilet dan yang lainnya. Kadang tidak timbul semua keluhan itu, tapi kadang juga masih terjadi dan sering disertai mual-mual, dan akhirnya saya konsultasi lagi. Kemudian atas anjuran Dr S saya melakukan chateterisasi jantung. Hasilnya pembuluh darah pada jantung saya masih bagus dan tidak mengalami kerusakan.

Kemudian diterapi lagi. Sudah 1 tahun setengah saya menjalani pengobatan tetapi kok tidak ada perubahan. Hasil kontrol pemeriksaan yang terakhir pada bulan september kemarin, Dr S mengatakan kalau ada lubang kecil di bagian mana gitu, terus ada regurgitasi, dan satunya lupa. Kata beliau tidak apa-apa asalkan lubangnya itu tidak bertambah. Sampai sekarang masih ada nyeri dada sebelah kiri tembus ke punggung, menjalar ke lengan kiri, sering mual-mual, kalau kena dingin juga langsung nyeri dada kiri saya. Apalagi kalau saya lagi banyak tugas dan banyak masalah, pasti nyeri itu timbul.

Jadi menurut dokter bagaimana? Apakah benar saya kena jantung? Bisa dijelaskan tidak? Cara untuk mengurangi semua gejala tersebut bagaimana? Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Dwi Endah (Perempuan Menikah, 32 Tahun)
auliaXXX@yahoo.co.id
(Tinggi Badan 156 Cm, Berat Badan 56 Kg)

Jawaban:Next

Halaman 1 2
(up/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit