detikhealth

Dada Kiri Nyeri & Sesak Seperti Ditindih, Apakah Sakit Jantung?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 22/01/2013 11:49 WIB
Dada Kiri Nyeri & Sesak Seperti Ditindih, Apakah Sakit Jantung?Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Dok, mau tanya kenapa nyeri dada kiri saya sampai sekarang masih ada ya? Lebih dari 1 tahun yang lalu saya mengalami nyeri dada dan sesak rasanya di dada, seperti ada yang menindih dada saya, rasanya berat.

Kemudian saya ECG di Puskesmas. Atas saran dokter Puskesmas saya (karena curiga AMI) disuruh ke RS Karyadi Semarang untuk ECO. Saya pun periksa ECO, hasil ECO kata dokter S masih bagus dan diberi terapi untuk nyeri dada.

Tetapi nyeri dada sebelah kiri saya tidak berkurang dan nyerinya sampai ke punggung, terkadang nyerinya menjalar ke lengan kiri saya sehingga seperti tak ada daya pada lengan kiri saya. Kemudian oleh Dr S, dilakukan treadmill. Hasil treadmill ada kelainan 1 1/4 entah pada yang mana saya lupa, kemudian saya di terapi: ada concor, aspilet dan yang lainnya. Kadang tidak timbul semua keluhan itu, tapi kadang juga masih terjadi dan sering disertai mual-mual, dan akhirnya saya konsultasi lagi. Kemudian atas anjuran Dr S saya melakukan chateterisasi jantung. Hasilnya pembuluh darah pada jantung saya masih bagus dan tidak mengalami kerusakan.

Kemudian diterapi lagi. Sudah 1 tahun setengah saya menjalani pengobatan tetapi kok tidak ada perubahan. Hasil kontrol pemeriksaan yang terakhir pada bulan september kemarin, Dr S mengatakan kalau ada lubang kecil di bagian mana gitu, terus ada regurgitasi, dan satunya lupa. Kata beliau tidak apa-apa asalkan lubangnya itu tidak bertambah. Sampai sekarang masih ada nyeri dada sebelah kiri tembus ke punggung, menjalar ke lengan kiri, sering mual-mual, kalau kena dingin juga langsung nyeri dada kiri saya. Apalagi kalau saya lagi banyak tugas dan banyak masalah, pasti nyeri itu timbul.

Jadi menurut dokter bagaimana? Apakah benar saya kena jantung? Bisa dijelaskan tidak? Cara untuk mengurangi semua gejala tersebut bagaimana? Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Dwi Endah (Perempuan Menikah, 32 Tahun)
auliaXXX@yahoo.co.id
(Tinggi Badan 156 Cm, Berat Badan 56 Kg)

Jawaban:

Dear Ibu Endah Purwatiningsih. Berdasarkan pernyataan Anda, sebaiknya kami sarankan Anda untuk cek ke dokter spesialis jantung dan melakukan tes pemeriksaan ekokardiografi. Pemeriksaan ini dapat memberikan penjelasan yang pasti dan akurat mengenai kondisi terbaru dari masing-masing katup jantung Anda.

Ibu Endah, dari dokter yang lalu mengatakanbahwa ada regurgitasi (jantung bocor). Kami ingin menanyakan katup jantung yang mengalami regurgitasi di bagian mana? Apakah katup mitral? Trikuspid? Lalu berapa tingkat/ besarnya lubang yang bocor? Kami sarankan Anda untuk kembali memeriksakan jantung Anda dan melakukan pemeriksaan ekokardiografi. Pemeriksaan ini dapat menggambaran katup yang rusak dan menentukan beratnya penyakit.

Anda juga dapat melakukan pemeriksaan EKG dan rontgen dada. Namun kedua pemeriksaan ini hanya menunjukkan adanya pembesaran katup.

Mengenai solusi pengobatannya, kami perlu membaca hasil pemeriksaan yang Anda lakukan lebih lanjut, misalnya dari hasil pemeriksaan EKG dan rontgen dada menunjukkan andanya pembesaran ventrikel kiri. Jika Anda berkenan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami langsung gratis dengan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya.

Demikianlah kami sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Profesor Xiao Mingdi

Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E, Jalan S Parman Kav72, Slipi, Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.


(up/vit)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit