detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Pandangan Ayah pada Peran Gender Pengaruhi Ambisi Karir Anak Perempuannya

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Selasa, 22/01/2013 13:30 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Ada ayah yang keberatan melakukan pekerjaan rumah tangga, ada juga yang tak masalah jika harus belepotan di dapur. Tapi keduanya sama-sama memberikan pengaruh tersendiri bagi anak mereka. Hanya saja sebuah studi baru mengungkapkan bahwa jenis ayah kedua yang egalitarian atau tak mempermasalahkan peran gender dalam keluarga akan memberikan pengaruh positif bagi anak, terutama anak perempuannya.

Anak perempuan dari ayah yang cenderung tak pilih-pilih peran dalam keluarga ini akan memiliki ambisi pekerjaan yang lebih tinggi daripada anak perempuan dari ayah yang tak begitu egalitarian. Hal ini ditemukan oleh Toni Schmader, psikolog dari University of British Columbia, Kanada dan rekan-rekannya yang tertarik untuk mengetahui bagaimana pembentukan stereotipe gender pada usia muda.

Untuk itu, peneliti memberi kuesioner pada 196 anak laki-laki dan 167 anak perempuan yang masih duduk di bangku sekolah dasar berikut orangtuanya (bisa salah satu). Kuesioner ini menanyakan tentang stereotipe gender, perilaku berdasar gender dan pembagian pekerjaan rumah tangga bagi orangtua.

Dari situ diketahui bahwa wanita menanggung lebih banyak beban pekerjaan rumah tangga ketimbang pria, meskipun mereka bekerja di luar rumah.

Karena besarnya peranan ibu dalam keluarga, tak heran jika wanita mempengaruhi stereotipe gender pada anak-anaknya. Dengan kata lain sikap dan pandangan ibu terhadap perbedaan peranan pria dan wanita dalam masyarakat akan selalu diteladani oleh anak-anaknya.

Namun peneliti menemukan hal lain yang tak kalah mengejutkan karena nyatanya ayahlah yang memegang kunci pembentukan stereotipe gender pada anak, terutama anak perempuan. Jadi semakin kecil stereotipe gender yang dimiliki seorang ayah maka semakin besar kemungkinan si anak perempuan untuk memilih bekerja di luar rumah ketika beranjak dewasa.

Anak perempuan dari ayah yang egalitarian ini pun juga lebih cenderung memiliki ketertarikan yang lebih luas dan tak tergantung pada bias gender tertentu.Next

Halaman 1 2
(vit/vit)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit