detikhealth

Tak Mau Dibilang Pemalas, Lisa Turunkan Bobot Tubuh 36 Kg

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 28/01/2013 12:15 WIB
Before
After
Jakarta - Lisa Fox (49) mulai mengalami peningkatan berat badan ketika ia berusia 30-40 tahun hingga mencapai berat 101 kg. Karena takut orang berpikir ia adalah perempuan malas, Lisa pun menurunkan berat badannya sebanyak 36 kg.

Berat badannya meningkat karena ia akan mengonsumsi apapun yang diinginkannya, tanpa memberikan batasan untuk gula atau lemak. Ditambah tidak adanya olahraga yang ia lakukan.

Ketika ia lulus sekolah menengah atas berat badannya hanya 58,5 kg. Tapi sekitar 2 tahun lalu ia tidak menyadari bahwa bobot tubuhnya sudah merambat naik hingga lebih dari 100 kg.

Beberapa kali Lisa pernah mencoba melakukan berbagai program penurunan berat badan, tapi hal itu hanya berlangsung selama beberapa bulan saja karena ia mulai merasa bosan, sehingga tidak menunjukkan hasil. Lama kelamaan ia merasa sangat khawatir dengan bobot tubuhnya yang sudah melebihi 100 kg. Lisa merasa seperti orang yang 'tidak terlihat' di hadapan orang lain. Ia bahkan berpikir orang-orang akan memiliki asumsi bahwa dirinya adalah seorang pemalas.

Seorang temannya berhasil sukses menurunkan berat badan setelah bergabung dengan program Slimming World, sehingga kala itu ia berpikir untuk mulai mencobanya. Hal yang ia suka dari program ini adalah tidak harus menghitung segala sesuatu yang dikonsumsi, karena dia tidak menikmati hal tersebut.

Ia melakukan pola makan sehat dan memandang makanan dengan cara berbeda, sehingga bisa membuatnya tetap merasa kenyang dalam jangka waktu lebih lama, tapi tidak merasa kekurangan atau kelaparan. Lisa pun kini mulai rutin melakukan olahraga setidaknya 5 hari dalam seminggu. Terkadang Lisa dan pasangan pergi berjalan bersama, bersepeda berang dan juga menikmati yoga.

Usaha mengubah pola makan dan olahraga yang dijalani Lisa berbuah manis, berat badannya turun sebanyak 36 kg. Kini dengan tinggi badan 160 cm, Lisa berhasil memiliki bobot tubuh 65 kg.

Kesenangan lain yang didapat Lisa adalah ia tidak lagi memiliki perasaan tidak nyaman, bisa berbelanja untuk pakaian jenis apapun. Selain itu dia juga lebih mudah bersosialisasi dan jauh lebih energik karena aktivitas fisik yang dulu sulit dilakukan kini tak lagi menghambatnya.

Kunci kesuksesan lain yang dirasakan oleh Lisa adalah adanya dukungan dari sahabat dan orang sekitar, saran dari anggota lain, serta bersama-sama membuat tips dalam mengatasi hambatan yang ada.

Sumber : HuffingtonPost


(ver/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit