detikhealth

Ini Dia 7 Manfaat Sehat Kuning Telur

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Kamis, 31/01/2013 06:54 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Kuning telur sering dijauhi karena dianggap tidak sehat, banyak mengandung kolesterol dan bikin gemuk. Meski tidak lebih sehat dibanding bagian putihnya, tapi kuning telur tetap punya manfaat sehat lho. Apa saja?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kuning telur banyak mengandung kolesterol yang dapat membahayakan jantung. Tapi ada pula yang berpendapat bahwa efek kolesterolnya tidak seberapa bila dikonsumsi dalam jumlah normal dan oleh orang yang sehat.

Jika dibandingkan dengan putih telur, kuning telur memang tak lebih sehat. Bagian putih dari telur mengandung semua protein yang disebut albumin dan zat ini dapat membuat jantung sehat.

Tetapi kuning telur juga memiliki manfaat kesehatan. Kuning telur adalah makanan untuk tumbuh bagi embrio ayam atau bebek. Dengan demikian, kuning telur kaya akan nutrisi penting. Itulah sebabnya, meskipun ada bahayanya, kuning telur masih bisa menyehatkan.

Berikut beberapa manfaat sehat dari kuning telur bila dikonsumsi secara normal dan tidak berlebihan, seperti dilansir Boldsky, Kamis (31/1/2013):

1. Meningkatkan testosteron
Kuning telur mengandung zinc yang terkonsentrasi. Zinc (seng) adalah trace mineral dan tidak mudah tersedia dalam sumber makanan. Jadi, makan kuning telur dapat membantu pria meningkatkan tingkat hormon laki-lakinya.

2. Mencegah penggumpalan darah
Selama ini Anda mungkin hanya mendengar bahwa kuning telur tinggi kolesterol dan karenanya tidak sehat untuk jantung. Namun, protein yang ada di bagian kuning telur dapat menunda pembentukan gumpalan darah.Next

Halaman 1 2
(mer/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit