detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr Eddy Karta SpKK

dr Eddy Karta SpKK, Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

Miss V yang Gatal Setelah Bercukur

Kamis, 31/01/2013 11:05 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Dear Dokter, Dok saya ingin menanyakan masalah yang saya alami beberapa minggu ini (sekitar 1 bulan), pada saat itu saya mencukur rambut di bagian miss v, namun 2-3 hari kemudian saya mengalami gatal yang luar biasa terutama di bagian dalam miss v saya, dan saat saya menggaruk miss v biasanya selalu lecet dan mengakibatkan perih.

Namun hal itu saya pikir karena pertumbuhan rambut yang tajam sehingga menyebabkan gatal, namun mengapa sampai saat ini gatal tersebut masih terus-terusan mendera saya dan juga gatal tersebut disertai dengan terkadang cairan bening ataupun berwarna kekuningan tapi tidak terlalu kuning dan berbau dok (yang saya rasa itu keputihan)?Apa itu tanda penyakit berbahaya karena saya juga memang dari dulu mengalami siklus mens yang kurang teratur? Mohon bantuan jawabannya dokter.

Miss S (Perempuan Lajang, 21 Tahun)
mssecret77@yahoo.co.I'd
Tinggi Badan 164 Cm, Berat Badan 79 Kg.

Jawaban

Dari keluhan yang disampaikan, rasa gatal dapat disebabkan mencukur dan menimbulkan luka yang memicu rasa gatal ataupun alergi dengan bahan/krim yang digunakan untuk mencukur. Cairan kekuningan juga perlu diperiksa apakah disebabkan oleh jamur yang dapat pula menimbulkan rasa gatal ataupun disebabkan oleh bakteri. Untuk sementara dapat konsumsi obat antihistamin untuk membantu meredakan rasa gatal dan selanjutnya harus dikonsultasikan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan secara cepat dan tepat.

dr. Eddy Karta, SpKK

Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl Diponegoro No 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp 62-21-7262072.


(up/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit