detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

BPOM: Permen Karet Pembangkit Libido Berbahaya!

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kamis, 31/01/2013 16:13 WIB
Salah Satu Permen Karet Pembangkit Libido (dok: little tone)
Jakarta, Obat kuat ilegal yang dijual secara online makin beragam wujudnya. Jika biasanya berbentuk tablet dan serbuk alias puyer, kini tersedia juga dalam bentuk permen karet. Sayangnya menurut BPOM, produk ini berbahaya. Kenapa demikian?

Tidak disebutkan secara detail bahayanya, namun Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dalam situs resminya menyebut permen karet pembangkit libido sangat berisiko bagi kesehatan. Jika ada yang mengetahui produksi atau peredarannya, diharap melaporkannya ke BPOM.

"Ditegaskan untuk tidak mengkonsumsi permen yang mengklaim peningkat gairah (libido), karena sangat berisiko bagi kesehatan," tulis humas BPOM dalam rilisnya yang dipublikasikan melalui situs Pom.go.id, Kamis (31/1/2013).

Hasil pemantauan BPOM, permen pembangkit libido yang dimaksud dijual secara online sedikitnya dalam 3 merek. Ketiganya yakni Sexy Gum, Sex Love dan US Passion Cachou tidak terdaftar apalagi mendapat izin edar sehingga sangat berbahaya jika terjadi efek yang tidak diharapkan.

Berdasarkan penelusuran di beberapa situs online yang menjual permen tersebut, bahan aktif yang terkandung di dalamnya tertulis VIGORX. Nama itu sendiri merupakan sejenis obat kuat berbahan herbal yang juga banyak dijual secara online di internet.

Permen yang konon diproduksi di bawah supervisi America Aiwei Biomedicine Institute tersebut dijual dalam kemasan boks berisi 5 pcs. Harganya bervariasi, namun rata-rata berkisar antara Rp 60 ribu hingga Rp 70 ribu belum termasuk ongkos kirim.

Mengenai tindak lanjut dari penemuan ini, BPOM akan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika guna memblokir situs-situs yang menjualnya. BPOM juga akan berkoordinasi dengan Bareskrim Polri dalam memberantas obat-obat ilegal yang dijual lewat internet.

(up/vit)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit