detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Kurang Tidur Bisa Memperburuk Daya Ingat

Agus Nia - detikHealth
Jumat, 01/02/2013 07:05 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Semakin bertambah umur, umumnya pola tidur manusia berubah. Sementara itu, usia yang lebih tua membuat bagian otak yang bernama prefrontal cortex cenderung menyusut.

Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan gangguan 'gelombang-lambat' ketika orang dewasa tidur merupakan indikator adanya pemroresan memori yang kurang efektif.
Demikian laporan iristimes, Jumat, (1/2/2013).

Penelitian yang dipublikasikakan di Nature Neuroscience mengukur efek tidur pada tingkat penyimpanan memori pada 18 orang dewasa berumur 20 tahun ke atas dan 15 orang dewasa berumur 70 tahun ke atas. Penelitian ini juga menganalisa aktivitas otak selama tidur dan melihat struktur otak.

Hasilnya mengindikasikan adanya penurunan prefrontal cortex pada orang tua. Penurunan itu ditunjukkan dengan adanya penurunan gelombang lambat yang dialami selama tidur, dan jua penurunan kemampuan untuk menyimpan informasi setelah tidur

"Ketika kita myda, kita mengalami tidur lelap yang dapat membantu otak dan mempertahankan informasi dan fakta-fakta baru," kata Matthew Walker, peneliti dari Universitas California, Berkeley.

Walker menambahkan semakin umur bertambah, kualitas tidur akan semakin menurun.

Profesor riset ekperimental otak dari Trinity College Dublin, Shane O'Mara, memuji penelitian ini, walaupun dirinya tidak terlibat.Next

Halaman 1 2
(vit/vit)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit