detikhealth

Heboh Permen Karet Pembangkit Libido

Adakah Cara Efektif Perangi Obat Perangsang Ilegal di Internet?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Jumat, 01/02/2013 13:38 WIB
Permen perangsang yang dijual di kios (Foto: Agus / detikHealth)
Jakarta, Pemblokiran terhadap situs-situs penjual obat perangsang ilegal dirasa kurang efektif untuk memerangi hal ini. Jika seperti itu, adakah cara yang efektif memerangi penjualan obat perangsang ilegal?

"Orangnya atau pengkonsumsi yang harus dipinterin," ujar Donny BU peneliti senior Information and Communication Technology (ICT) Watch saat dihubungi detikHealth, Jumat (1/2/2013).

Donny mengungkapkan budaya di sini terlalu menabukan banyak hal. Jika informasi yang ingin didapat oleh masyarakat ditutupi, maka akan ada banyak orang yang justru mencarinya di internet.

"Kenapa orang lari ke internet dan ketipu? Karena mereka nggak tahu cari informasi yang valid ke mana dan merasa malu," ujar Donny yang juga pegiat gerakan Internet Sehat.

Alasan sebagian besar orang mencari-cari di internet karena merasa lebih privasi dan tidak harus bertemu dengan orang-orang. Mereka bisa akses tanpa perlu malu-malu dan membeli obat tersebut.

"Kalau dengan filtering itu bisa saja tapi nggak efektif, cari cara lain, harus ada informasi alternatif untuk itu. Yang paling penting kalau ada konten negatif harus diimbangi dengan bikin konten positif untuk melawannya," ungkap Donny.

Misalnya jika ada konten yang menjual obat perangsang ilegal maka berikan konten untuk melawannya seperti berisi apa saja bahaya dari obat tersebut dan bagaimana meningkatkan gairah selain melalui obat, seperti olahraga.

Permen karet pembangkit gairah seks ini diketahui tidak memiliki izin edar dari BPOM, namun sayangnya sudah banyak dijual di internet dan bahkan terhitung laris penjualannya.

Karena permen ini kebanyakan dijual di internet, BPOM akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika guna memblokir situs-situs yang menjualnya, serta dengan Bareskrim Polri dalam memberantas obat-obat ilegal yang dijual lewat internet.


(ver/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit