detikhealth

Kalau Kecilnya Pemalas, Umur 40 Tahun Bakal Sakit-sakitan

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Sabtu, 02/02/2013 10:06 WIB
(Foto: ThinkStock)
Jakarta, Kata orang, pemalas akan membuat orang jauh dari kesuksesan. Ternyata tak hanya kesuksesan saja yang akan menjauh, kondisi kesehatan juga ikut terpengaruh. Penelitian menemukan bahwa orang yang terbiasa menjadi pemalas sejak kecil berisiko sakit-sakitan.

Dalam penelitian yang dimuat Diabetes Care ini, para peneliti menemukan hubungan antara gaya hidup di usia muda dan risiko sindrom metabolik saat berusia 40 tahun. Sindrom metabolik akan membuat pengidapnya berisiko tinggi mengalami penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 atau stroke.

Ada 800 orang peserta dari Swedia dalam penelitian ini. Kesemuanya sudah dipantau sejak tahun 1981 sampai 2008. Hasilnya, orang yang banyak menghabiskan waktunya menonton televisi dan menghindari aktivitas fisik saat berusia 16 tahun berisiko tinggi mengidap sindrom metabolik saat berusia 43 tahun.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa kita perlu mempertimbangkan bagaimana bisa mengurangi gaya hidup di kalangan anak-anak dan remaja. Ini mungkin lebih penting daripada hanya berfokus pada peningkatan kebugaran dan kegiatan olahraga bagi orang yang sudah tertarik," kata peneliti, Patrick Wennberg seperti dilansir detikHealth, Sabtu (2/2/2013).

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa anak-anak di AS rata-rata menghabiskan kurang dari 4 persen waktunya saat terjaga untuk melakukan kegiatan fisik. Jika dihitung, waktunya hanya sekitar 20 menit sehari. Sedangkan waktu yang dianjurkan untuk anak-anak adalah sekitar 60 menit

Penelitian lain yang baru-baru ini diterbitkan British Medical Journal menemukan bahwa mengurangi aktivitas menonton televisi sebanyak 2 jam dalam sehari dapat meningkatkan harapan hidup selama 1 tahun.



(pah/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit