detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr Eddy Karta SpKK

dr Eddy Karta SpKK, Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

Muncul Bisul di Daerah Kemaluan, Apakah Ini Penyakit Menular Seksual?

Senin, 04/02/2013 13:02 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Saya sering tumbuh bisul di daerah rambut kemaluan tapi hilang dengan sendirinya
setelah 1 minggu, apakah berbahaya atau tidak? Sebelumnya saya pernah berhubungan dengan bukan pasangan resmi saya, apakah saya terkena salah satu PMS (penyakit menular seksual)? Terimakasih.

Alex (Pria Menikah, 30 Tahun)
djunXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 180 Cm, Berat Badan 103 Kg

Jawaban

Salam Alex,
Dari cerita yang disampaikan, bisul di kelamin dapat disebabkan banyak hal, seperti luka, infeksi ataupun dari keluhan PMS. Area berambut di sekitar kemaluan adalah area yang mudah tumbul infeksi semacam jerawat karena adanya kelenjar lemak dan faktor kelembaban.

Jika ini kasusnya, maka harus dijaga kelembabannya dengan cara antara lain menggunakan pakaian dalam bersih dan diganti jika sering berkeringat dan rambut di area tersebut dipotong supaya tidak terlalu panjang.

Untuk keluhan PMS perlu diperhatikan 3 gejala utama PMS yaitu adakah keluar cairan tidak wajar dari kemaluan, adakah luka lecet-lecet tanpa sebab yang jelas, dan adakah timbul 'daging' serupa kulit yang tumbuh.

dr. Eddy Karta, SpKK

Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl Diponegoro No 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp 62-21-7262072.

(vit/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit