detikhealth

Ahli Bedah Salah Angkat Paru-paru Pasien

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 05/02/2013 17:55 WIB
(Foto: Thinkstock)
Essex, Inggris, Operasi seharusnya dilakukan untuk mengangkat atau menghilangkan bagian tubuh yang bermasalah. Tapi di Inggris, ahli bedah salah menghilangkan bagian paru-paru pasien seorang perempuan.

Operasi yang dilakukan di Basildon Hospital di Essex pada bulan Desember lalu menunjukkan ahli bedah menghapus bagian bawah paru-paru pasien perempuan. Padahal yang perlu dilakukan adalah menghapus bagian atas paru-paru.

Meskipun pasien perempuan ini selamat dari operasi, namun tetap saja terjadi kesalahan pada lokasi operasi. Penyelidikan dilakukan untuk mengetahui dari mana sumber kesalahan tersebut.

Kesalahan yang dilakukan ini cukup serius dan biasanya dikenal sebagai 'wrong site surgery'. Diperkirakan kesalahan terjadi pada catatan medis dari pasien perempuan ini di rumah sakit lain di daerah Broomfield, Chelmsford.

Sebuah sumber di rumah sakit yang menolak menyebutkan namanya mengatakan dalam catatan medis yang diterima telah terisi daerah yang salah dari paru-paru yang akan dioperasi.

"Pada bulan Desember memang ada insiden wrong site surgery, ulasan mengenai hal ini sedang berlangsung dan masuk ke dalam insiden yang serius," ujar Dr Steve Morgan, direktur medis Basildon and Thurrock General Hospitals NHS Trust, seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (5/2/2013).

Sementara itu seorang juru bicara dari Broomfield Hospital di Chelmsford, Essex mengungkapkan kepercayaan adalah hal yang perlu diperhatikan dalam insiden ini. Sejalan dengan kebijakan keamanan internal dan pemerintahan, maka penyelidikan penuh sedang dilakukan. Setelah penyelidikan ini akan dilakukan peninjauan prosedur internal klinis.

(ver/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit