detikhealth

Tak Mau Insomnia? Hindari Makanan dan Minuman Ini

Nurvita Indarini - detikHealth
Selasa, 05/02/2013 19:05 WIB
Halaman 1 dari 3
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Insomnia yang bekepanjangan sering kali menyiksa. Padahal untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, Anda harus tidur 8 jam sehari. Agar tidak didera penderitaan di malam hari, perhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang menjadi memicu utama bangkitnya insomnia sehingga Anda terjaga sepanjang malam, seperti dikutip dari boldsky, Selasa (5/2/2013):

1. Kafein

Sudah sejak lama diketahui mengonsumsi kafein bisa memicu insomnia. Disadari atau tidak, kafein ini telah menjadi bagian hidup kita karena terkandung dalam teh, kopi, cokelat, dan minuman berenergi. Jadi, ketika mendekati waktu tidur, sebaiknya Anda jauh-jauh dari kafein.

2. Alkohol

Alkohol bertanggung jawab pada masalah dehidrasi yang menyebabkan terganggunya tingkat serotonin sehingga menyebabkan sulit tidur. Kalaupun bisa tidur, maka penenggak alkohol akan sering terbangun dari tidurnya.

3. Makanan Tinggi ProteinNext

Halaman 1 2 3
(vit/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close