detikhealth

Mengapa Manusia Menangis Saat Sedih?

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Rabu, 06/02/2013 08:28 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Ada banyak alasan yang membuat orang menangis, seperti sedih, terharu, kesal, takut atau bahkan gembira. Tapi tahukah Anda alasan di balik menetesnya air mata tersebut?

Seorang ilmuwan terkemuka mengatakan bahwa fenomena menangis emosional pada manusia sangatlah penting. Menangis bahkan sudah dilakukan untuk berkomunikasi sebelum manusia mengenal bahasa.

Michael Trimble, profesor Inggris di Institute of Neurology di London, mengatakan air mata mewakili sesuatu yang lebih besar dari fungsi sederhananya sebagai pelumas mata.

Dalam buku barunya 'Why Humans Like To Cry', Trimble mencoba menjelaskan misteri mengapa hanya manusia satu-satunya spesies dari kingdom animalia yang menumpahkan air mata saat menanggapi suatu keadaan emosional. Trimble pun melakukan penelitian fisiologi dan masa lalu evolusi dari menangis emosional.

Trimble menjelaskan, secara biologis air mata penting untuk melindungi mata. Air mata menjaga kelembaban bola mata, mengeluarkan iritan dan mengandung protein tertentu serta zat-zat yang menjaga mata agar tetap sehat dan melawan infeksi.

Pada setiap hewan lain di planet Bumi, air mata tampaknya hanya melayani tujuan-tujuan biologis. Namun pada manusia, menangis atau meneteskan air mata tampaknya juga melayani fungsi lain, yaitu berkomunikasi secara emosi. Manusia menangis untuk banyak alasan, sukacita, kesedihan, kemarahan, kehilangan dan berbagai emosi lainnya.

"Manusia menangis karena banyak alasan. Tetapi menangis karena emosional dan menangis untuk menanggapi pengalaman estetika yang menarik bagi kami," ujar Trimble pada Scientific American, seperti dilansir Medicaldaily, Rabu (6/2/2013).Next

Halaman 1 2
(mer/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit