detikhealth

Kehamilan Tidak Diinginkan

Alat Kontrasepsi Darurat Bisa Hindarkan Kehamilan Tak Diinginkan

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 06/02/2013 12:00 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Kehamilan yang tidak diinginkan bisa dialami oleh remaja maupun pasangan yang sudah menikah. Namun hal ini sebenarnya bisa dicegah dengan menggunakan alat kontrasepsi darurat.

Kontrasepsi diketahui menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kehamilan. Yang selama ini dikenal oleh masyarakat, alat kontrasepsi seperti pil, suntik, IUD (intrauterine device) digunakan sebelum berhubungan seksual.

Sedangkan untuk alat kontrasepsi darurat penggunaannya justru dilakukan setelah berhubungan seksual hingga kurun waktu tertentu, meski fungsinya sama-sama untuk mencegah kehamilan.

"Ada kontrasepsi darurat, bentuknya seperti pil dan diminum setelah terjadi kemungkinan adanya konsepsi (pembuahan). Jadi mirip pil KB hanya saja diminum setelah berhubungan seksual," ujar Dr dr Dwiana Ocviyanti, SpOG (K) saat dihubungi detikHealth dan ditulis, Rabu (6/2/2013).

Dr Dwiana menuturkan secara teori sperma masih dapat membuahi sel telur dalam waktu 2-3 hari setelah berhubungan seks. Diharapkan dengan mengonsumsi kontrasepsi darurat ini membuat sperma tidak jadi membuahi atau sel telurnya kembali.

Sementara itu Prof Dr dr Biran Affandi, SpOG selaku Ketua APCOC (Asia-Pasific Council on Contraception) menuturkan ada 2 jenis kontrasepsi darurat yaitu IUD yang mengandung tembaga dan pil KB atau obat yang khusus dibuat untuk kontrasepsi darurat.

"Misalnya seorang istri ditinggal suaminya bekerja di luar kota. Suatu hari suaminya tiba-tiba pulang, mereka melakukan hubungan seks tanpa memakai kontrasepsi. Karena mereka sudah cukup dan tidak mau hamil lagi dapat dipakai kontrasepsi darurat," ujar Prof Biran.Next

Halaman 1 2
(ver/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit