detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr Eddy Karta SpKK

dr Eddy Karta SpKK, Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

Bercak Merah di Kepala Penis, Bisakah Dihilangkan?

Rabu, 06/02/2013 13:41 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Dok, saya mau tanya kepala penis saya ada bercak merah itu apa ya? 6 Tahun yang lalu bercak itu kecil, tapi sekarang sudah 5 kalinya. Saat penis tidak ereksi kulit yang ada bercaknya mengeriput.

Saya belum sirkumsisi, Dok. Bercaknya bisa dihilangkan tidak? Saya takut kenapa-kenapa, apalagi nanti kalau saya menikah menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan. Mohon penjelasannya Dok, solusinya bagaimana? Saya sedang bingung. Terimakasih atas perhatiannya.

Suyit (Pria Lajang 37 Tahun)
yitnoXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 175 Cm, Berat Badan 80 kg

Jawaban

Salam Pak Suyit,

Dari gambar yang disertakan tampak ada perubahan warna berbentuk tidak beraturan namun tidak meninggi. Kondisi ini deisebut sebagai penile melanotic macule suatu kondisi perubahan warna dari kulit dan mukosa misalnya bibir.

Penyakit ini tidak berbahaya karena merupakan perubahan warna semata. Perlu diperhatikan kondisi lainnya sehubungan dengan kondisi ini karena dapat berupa kelainan bawaan, untuk itu dapat periksakan diri ke dokter.

Beberapa pengobatan dapat membantu memudarkan warna dengan hasil bervariasi. Namun karena semua pengobatan sifatnya hanya kosmetik semata maka sebaiknya dikonsultasikan keuntungan dan efek samping oleh karena kulit kepala kemaluan yang lebih sensitif.

dr. Eddy Karta, SpKK

Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl Diponegoro No 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp 62-21-7262072.

(vit/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit