detikhealth

Kerupuk Mengandung Plastik?

Cara Mengetahui Kerupuk yang Digoreng Pakai Plastik Tak Cukup Dibakar

Nurvita Indarini - detikHealth
Kamis, 07/02/2013 16:46 WIB
Foto: Facebook
Jakarta, Di jejaring sosial Facebook beredar cara untuk mengetahui apakah kerupuk digoreng dengan minyak yang mengandung plastik dan yang tidak adalah dengan dibakar. Menurut ahli pangan, cara untuk mengetahuinya tidak sesimpel itu.

"Kalau dibakar ya semuanya pasti gosong hitam. Nggak bisa kita bandingin yang satu hitam sekali dan yang lainnya kurang hitam. Tidak sesederhana itu. Untuk tahu apakah mengandung plastik atau tidak perlu dianalisa di lab," ujar Dr. Ir. Nuri Andarwulan, MR, ahli teknologi pangan dan gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) saat dihubungi detikHealth, Kamis (7/2/2013).

Di internet ada pula informasi bahwa kerupuk yang digoreng dengan menggunakan minyak berplastik, warnanya akan berwarna putih mengkilat. Menurut Nuri, hal itu tidak benar. Mengkilatnya kerupuk adalah karena kandungan tapiokanya.

"Sama seperti cireng alias aci digoreng, kadang kita menemukan pula cireng yang bagian dalamnya mengkilat," imbuhnya.

Dia menyebut hingga saat ini penelitian keamanan pangan masih sangat sedikit. Padahal penelitian semacam itu penting agar tidak banyak beredar informasi yang menyesatkanyang akhirnya merugikan pihak-pihak tertentu yang bahkan tidak bersalah.

"Seharusnya kalau ada info semacam itu dikonter dengan data, sehingga tidak akan menjadi gosip. Kalau pembuat kerupuk ternyata memang benar-benar tidak memakai plastik untuk menggoreng, kan kasihan," ucap Nuri.

Terkait makanan digoreng yang minyaknya tercampur plastik, kasusnya pernah Nuri jumpai sendiri. Namun menurutnya saat itu pedagang gorengan memang tidak bermaksud mencampurkan plastik ke dalam minyak.

"Jadi dia membuka plastik berisi minyak dengan melelehkan bagian ujung plastik, setelah minyaknya tertuang, plastiknya dibuang. Produk pangan digoreng menurut saya kalau pakai plastik nggak enak, keras. Karena tidak semua makanan digoreng cocok untuk dibuat bisa renyah," papar Nuri.
Informasi cara membedakan kerupuk yang digoreng dengan plastik dan yang tidak memunculkan anggapan kerupuk semacam itu benar-benar ada di pasaran. Hal ini patut diwaspadai karena makanan yang digoreng dengan campuran plastik tentunya memunculkan dampak negatif kesehatan.
(vit/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close