detikhealth

Hapus Tato Butuh Waktu Lama dan Hasilnya Tidak Bisa Sempurna

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 11/02/2013 12:04 WIB
Hapus Tato Butuh Waktu Lama dan Hasilnya Tidak Bisa Sempurna(Foto: thinkstock)
Jakarta, Ada yang bilang jika ingin bikin tato harus dipikirkan berkali-kali. Pernyataan ini ada benarnya karena butuh waktu panjang dan lama untuk bisa menghapusnya dan terkadang menimbulkan bekas.

Para ahli mengatakan jumlah orang bertato saat ini meningkat, tapi hal ini juga diikuti dengan peningkatan permintaan prosedur menghapus tato. Jejak pendapat menemukan dari 21 persen orang dewasa di Amerika Serikat yang memiliki tato, sekitar 14 persennya menyesali perbuatan tersebut dan ingin menghapusnya.

Food and Drug Administration (FDA) AS mengungkapkan memutuskan untuk menghapus tato jauh lebih mudah daripada proses penghapusan itu sendiri. Diketahui proses penghapusan tato adalah proses yang melelahkan dan hasilnya mungkin tidak bisa sempurna.

FDA menjelaskan ketika tato dibuat, maka mesin bertenaga listrik menyuntikkan tinta melewati lapisan luar kulit dan masuk ke dalam dermis (lapisan kedua dari kulit). Sel-sel dermis lebih stabil sehingga tinta yang masuk akan menjadi permanen.

"Penghapusan tato yang aman memerlukan operasi laser yang dilakukan oleh dokter kulit yang mengkhususkan diri dalam penghapusan tato," ujar Mehmet Kosoglu dari FDA, seperti dikutip dari HealthDay, Senin (11/2/2013).

Laser yang digunakan akan memancarkan energi cahaya terkonsentrasi dalam ledakan singkat yang akan diserap ke dalam pigmen. Laser ini kemudian akan memecahkan pigmen yang beristirahat menjadi partikel yang lebih kecil kemudian dimetabolisme dan disimpan atau dikeluarkan oleh tubuh.

Para ahli di FDA menuturkan berbagai warna tinta menyerap panjang gelombang cahaya yang berbeda, sehingga tato dengan lebih dari 1 warna mungkin memerlukan lebih dari 1 jenis laser. Warna yang lebih ringan seperti hijau, merah dan kuning lebihs ulit dihilangkan ketimbang warna gelap seperti biru atau hitam.

Prosedur penghapusan tato dari awal sampai akhir biasanya membutuhkan 6-10 perawatan tergantung pada ukuran dan warna tato. Setelah itu dibutuhkan waktu beberapa minggu untuk penyembuhannya.

"Penghapusan lengkap tanpa jaringan parut kadang-kadang tidak mungkin. Rasa sakit yang terlibat dalam proses penghapusan tato laser bervariasi dari orang ke orang," ujar Kosoglu.

"Jika Anda khawatir dan bingung tentang bagaimana menghapus tato yang ada, maka ide yang baik adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit yang memiliki pengetahuan tentang perawatan laser," ujar dermatolog Dr Markham Luke dari FDA.

Dermabrasi atau 'pengamplasan' untuk menghilangkan lapisan atas kulit, memotong tato dan menjahit kulit kembali adalah salah satu metode lain yang disetujui oleh FDA. Namun untuk teknik salep dan krim penghapus tato sampai saat ini belum mendapat persetujuan.

Laporan dari FDA ini diterbitkan secara online pada 30 Januari 2013 dalam halaman Consumer Updates.

(ver/vit)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit