detikhealth

Awas, Payudara Pria Bisa Membesar Gara-gara Makanan Ini

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 11/02/2013 14:04 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Jika para wanita rela melakukan apa saja agar payudaranya tampak lebih berisi, para pria justru takut kalau payudaranya membesar. Padahal dalam keseharian, mudah sekali dijumpai makanan yang bisa menyebabkan payudara pria membesar.

Makanan kalengan selama ini dikaitkan dengan gangguan kesuburan pada pria karena mengandung Bisphenol-A (BPA) sebagai pelapis pada kemasannya. Dalam kadar tertentu, senyawa kimia ini terbukti mempengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan oleh para pria.

Kali ini, sebuah penelitian di Tufts University memberikan alasan lain bagi para pria untuk menjauhi makanan kalengan. Menurut penelitian tersebut, racun BPA juga bisa mneyebabkan payudara pria membesar seperti pada wanita sehingga membentuk apa yang disebut man boobs.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Reproductive Toxicology ini tidak mengujikan racun BPA langsung pada manusia, melainkan pada sekelompok tikus jantan. Terbukti, racun ini memicu pertumbuhan kelenjar susu dan jaringan-jaringan di sekitarnya.

"Penelitian ini memberikan bukti tambahan bahwa kelenjar susu sangat sensitif terhadap BPA dosis rendah jika paparan terjadi pada awal pertumbuhan. Yang baru dalam penelitian ini, efek tersebut juga terjadi pada pria," kata sang peneliti, Laura Vandenberg, PhD seperti dikutip dari Menshealth.com, Senin (11/2/2013).

Selain menyebabkan payudara pria membesar serta gangguan produksi sperma, selama ini BPA juga dikaitkan dengan risiko penyakit berbagai penyakit kronis termasuk diabetes tipe-2. Racun ini juga dikaitkan dengan risiko kegemukan dan obesitas yang berhubungan dengan penyakit jantung.

Selain pada makanan kalengan, racun BPA juga dipakai dalam pembuatan benda sehari-hari seperti thermal paper untuk kertas nota dan struk belanja. Tidak heran jika produksi racun BPA diperkirakan mencapai 6 miliar ton setiap tahun di seluruh dunia.


(up/vit)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close