detikhealth

Rangsanglah Panca Indra Bayi Agar Menjadi Anak Cerdas

Linda Mayasari - detikHealth
Senin, 11/02/2013 16:30 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: ThinkStock)
Jakarta, Seorang anak dapat belajar dengan baik jika seluruh panca indranya Paberkembang dengan sempurna sejak bayi. Orang tua perlu mengembangkan sistem panca indra anak sejak bayi lahir agar anak tumbuh menjadi seseorang yang cerdas.

Perkembangan sistem panca indra yang baik pada bayi memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan otaknya. Ketika indra pendengaran, penglihatan, penciuman, perasa, dam sentuhan dapat menanggapi respons dengan baik, otak akan semakin terstimulasi untuk memproses rangsangan tersebut.

Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan untuk meningkatkan kecerdasan anak melalui sistem panca indranya sejak masih bayi, seperti dilansir Fit Pregnancy, Senin (11/2/2013) antara lain:

1. Pendengaran
Seorang psikolog anak ternama di Harvard University, Jerome Kagan, Ph.D menyatakan bahwa bayi akan merasa tenang ketika mendengar musik dengan melodi harmonis, namun bayi juga dapat rewel dan menangis ketika mendengarkan musik-musik dengan melodi yang tidak beraturan.

Telinga bayi sangat sensitif terhadap kualitas suara dan pola intonasi yang berbeda. Bahkan bayi yang baru lahir tampaknya dapat mendeteksi perbedaan antara tinggi rendahnya nada suara dari laki-laki dan perempuan. Inilah salah satu alasan mengapa bayi mampu merespon irama yang digunakan orang dewasa ketika berbicara dengannya.

Orang tua perlu memanfaatkan hal tersebut dengan mengajak bayinya berbicara sesering mungkin untuk membantu mengembangkan kemampuan bahasa yang penting bagi anak Anda kelak.

2. Sentuhan
Sentuhan adalah indra yang paling berkembang baik pada bayi setelah dilahirkan, bahkan sentuhan sederhana seperti merangsang bagian dalam mulut bayi dengan puting payudara ibu dapat mendorong pertumbuhannya.Next

Halaman 1 2
(vit/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit