Tak Mau Terus-terusan Bad Mood? Tingkatkan Asupan Buah & Sayur
Senin, 11/02/2013 18:00 WIB
(Foto: Thinkstock)
Berita Lainnya
Jakarta, Demi menjaga mood atau mengembalikan suasana hati yang memburuk, sejumlah orang cenderung memanfaatkan makanan sebagai sarana utamanya. Tapi studi baru dari Selandia Baru ini mungkin akan membuka mata banyak orang karena studi ini menemukan bahwa apa yang Anda makan hari ini akan menentukan kondisi psikologis Anda keesokan harinya.
Peneliti mengakui temuan beberapa studi lain yang mengungkap bahwa makan junk food seperti permen atau kripik kentang dapat menyebabkan Anda merasa depresi, bad mood atau tak bahagia. Tapi tim peneliti yang berasal dari University of Otago ini juga ragu apakah mengubah menu serta beralih ke buah-buahan atau sayuran dapat memberikan efek sebaliknya.
Untuk mencari tahu kebenarannya, peneliti pun meminta 280 partisipan dewasa untuk membuat jurnal harian tentang makanan yang mereka konsumsi berikut bagaimana perasaan mereka setelah tiga minggu kemudian.
Dari jurnal tersebut diketahui bahwa rata-rata partisipan mengonsumsi 1,7 cangkir buah dan sayuran setiap harinya. Tapi pada hari-hari dimana partisipan mengonsumsi sayur dan buah dengan porsi di atas rata-rata, mereka melaporkan adanya peningkatan perasaan positif (seperti tenang, puas, ceria dan energik hingga 3 persen untuk setiap porsi ekstra.
"Bahkan perasaan positif tersebut cenderung bertahan hingga keesokan harinya," tandas peneliti Tamlin Conner, Ph.D., profesor psikologi kesehatan dari Otago sepertik dikutip dari menshealth, Senin (11/2/2013).
Peneliti menduga keberadaan sejumlah vitamin dan antioksidan yang ditemukan di dalam buah-buahan dan sayuran, termasuk folate dan flavonol terbukti dapat memperbaiki mood.
"Makanan-makanan ini juga mengandung karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan konsentrasi serotonin di dalam otak," tambah Conner. Serotonin sendiri merupakan senyawa neurotransmitter yang telah lama dikaitkan dengan perasaan yang menunjukkan kesejahteraan dan kebahagiaan.
Jika studi ini belum cukup meyakinkan bagi Anda, studi lain yang dilakukan oleh peneliti dari Dartmouth dan UK terhadap 80.000 orang Inggris pun mengungkap bahwa makan 7-8 cangkir buah-buahan dan sayuran setiap hari dapat mengimbangi perasaan negatif yang muncul akibat tak memiliki pekerjaan atau menganggur.
Hal ini karena partisipan yang makan lebih dari 5 cangkir buah dan sayur setiap harinya dilaporkan 27 persen lebih bahagia dan lebih puas dengan hidupnya ketimbang partisipan yang makan kurang dari 1 cangkir dalam sehari. "Cobalah mengonsumsi sedikitnya 5 cangkir buah dan sayur setiap hari serta hindari keripik dan cemilan berbahan dasar jagung," saran Conner.
(vit/vit)
Peneliti mengakui temuan beberapa studi lain yang mengungkap bahwa makan junk food seperti permen atau kripik kentang dapat menyebabkan Anda merasa depresi, bad mood atau tak bahagia. Tapi tim peneliti yang berasal dari University of Otago ini juga ragu apakah mengubah menu serta beralih ke buah-buahan atau sayuran dapat memberikan efek sebaliknya.
Untuk mencari tahu kebenarannya, peneliti pun meminta 280 partisipan dewasa untuk membuat jurnal harian tentang makanan yang mereka konsumsi berikut bagaimana perasaan mereka setelah tiga minggu kemudian.
Dari jurnal tersebut diketahui bahwa rata-rata partisipan mengonsumsi 1,7 cangkir buah dan sayuran setiap harinya. Tapi pada hari-hari dimana partisipan mengonsumsi sayur dan buah dengan porsi di atas rata-rata, mereka melaporkan adanya peningkatan perasaan positif (seperti tenang, puas, ceria dan energik hingga 3 persen untuk setiap porsi ekstra.
"Bahkan perasaan positif tersebut cenderung bertahan hingga keesokan harinya," tandas peneliti Tamlin Conner, Ph.D., profesor psikologi kesehatan dari Otago sepertik dikutip dari menshealth, Senin (11/2/2013).
Peneliti menduga keberadaan sejumlah vitamin dan antioksidan yang ditemukan di dalam buah-buahan dan sayuran, termasuk folate dan flavonol terbukti dapat memperbaiki mood.
"Makanan-makanan ini juga mengandung karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan konsentrasi serotonin di dalam otak," tambah Conner. Serotonin sendiri merupakan senyawa neurotransmitter yang telah lama dikaitkan dengan perasaan yang menunjukkan kesejahteraan dan kebahagiaan.
Jika studi ini belum cukup meyakinkan bagi Anda, studi lain yang dilakukan oleh peneliti dari Dartmouth dan UK terhadap 80.000 orang Inggris pun mengungkap bahwa makan 7-8 cangkir buah-buahan dan sayuran setiap hari dapat mengimbangi perasaan negatif yang muncul akibat tak memiliki pekerjaan atau menganggur.
Hal ini karena partisipan yang makan lebih dari 5 cangkir buah dan sayur setiap harinya dilaporkan 27 persen lebih bahagia dan lebih puas dengan hidupnya ketimbang partisipan yang makan kurang dari 1 cangkir dalam sehari. "Cobalah mengonsumsi sedikitnya 5 cangkir buah dan sayur setiap hari serta hindari keripik dan cemilan berbahan dasar jagung," saran Conner.
(vit/vit)
Baca Juga
- Gaya Diet Tidak Sehat Ala Orang Selatan Tingkatkan Risiko Stroke
- Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sedang Flu
- Jangan Dimakan! Makanan Ini Tak Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga
- Iih! Restoran Junk Food Ternyata Tidak Sebersih yang Dibayangkan
- Junkfood Tak Cuma Bikin Gendut Tapi Juga Bikin Tulang Keropos Lho!
- Atasi Ketagihan Junkfood dengan Cara Ini
Foto Terkait
Komentar (0 Komentar)
Twitter Recommendation
-
Sabtu,25/05/2013 12:04 WIB
Tak Hanya Sehat, Olahraga Juga Bikin Pintar Lho
-
Sabtu,25/05/2013 11:04 WIB
Sindrom Da Costa, 'Sakit Jantung' Yang Disebabkan Kecemasan
-
Sabtu,25/05/2013 10:03 WIB
Ini Dia Terapi Baru Buatan Jepang untuk Kanker Payudara
-
Sabtu,25/05/2013 08:10 WIB
Percuma Olahraga Kalau Malas Bersih-bersih Sehabis Berkeringat
-
Jumat,24/05/2013 20:01 WIB
4 Trik untuk Pria Agar Pasangan Lebih Mudah Capai Orgasme
-
Jumat,24/05/2013 19:31 WIB
Studi: Air Mata Perempuan 'Membunuh' Gairah Seksual Pria
-
Ulasan Khas Mata Sehat
Ini Gangguan Mata yang Bisa Dialami Ibu Hamil
-
Ulasan Khas Mata Sehat
Jangan Biarkan Cacing Mata Bersemayam di Mata Anda
-
Ulasan Khas Mata Sehat
Mata Anda Lelah? Langkah Ini Bakal Bikin Rileks
-
Ulasan Khas Mata Sehat
Katarak dan Glaukoma, Penyakit yang Bisa Sebabkan Kebutaan
-
Ulasan Khas Mata Sehat
Perhatikan Hal Ini Agar Mata Tak Iritasi karena Lensa Kontak
-
Ulasan Khas Mata Sehat
Ini Akibatnya Jika 'Si Mata Empat' Malas Pakai Kacamata
-
Ulasan Khas Mata Sehat
Kenalilah, Kelainan Mata yang Bisa Terjadi pada Anak
-
Ulasan Khas Mata Sehat
Katakan Cinta pada Mata dengan Cara Ini
-
Sabtu, 25/05/2013 11:04 WIB
Sindrom Da Costa, 'Sakit Jantung' Yang Disebabkan Kecemasan
-
Sabtu, 25/05/2013 11:53 WIB
Tak Hanya Sehat, Olahraga Juga Bikin Pintar Lho
-
Sabtu, 25/05/2013 09:54 WIB
Ini Dia Terapi Baru Buatan Jepang untuk Kanker Payudara
-
Sabtu, 25/05/2013 08:10 WIB
Percuma Olahraga Kalau Malas Bersih-bersih Sehabis Berkeringat
-
Jumat, 24/05/2013 20:01 WIB
4 Trik untuk Pria Agar Pasangan Lebih Mudah Capai Orgasme
-
Jumat, 24/05/2013 19:02 WIB
Sehatkah Vagina Anda? Ini Indikatornya
-
Jumat, 24/05/2013 18:09 WIB
Tolong Dok, Kelamin Saya Tak Bisa Mengeras
-
Jumat, 24/05/2013 14:08 WIB
Remaja dan Kesehatan Reproduksi
ABG Rela Diajak Nikah Dini, Bisa Jadi Ini Alasannya
-
11 Komentar
-
10 Komentar
-
9 Komentar
-
7 Komentar
-
6 Komentar
-
6 Komentar
-
5 Komentar
-
5 Komentar
-
Kalkulator Seks
Berapa Kali Anda Pernah Berhubungan Seks?
-
Kalkulator Lama Berhubungan Seks
Berapa Durasi Rata-rata Ketika Berhubungan Seks?
-
Kalkulator Masa Subur
Kapan Perkiraan Masa Paling Subur Anda?
Must Read
close
-
Jumat, 24/05/2013 06:56 WIB
30 Menit Berolah Raga Secara Rutin Lebih Baik Daripada 2 Jam Sehari
-
Kamis, 23/05/2013 13:33 WIB
3 Penyebab Pria Sudah Botak di Usia 20-an Tahun
- detikNews · Berita · Internasional · Kolom · Wawancara · Lapsus · Tokoh · Pro Kontra · Profil · Indeks
- detikSport · Basket · MotoGP · F1 · Raket · Sepakbola · Sport Lain · Galeri · Profil · Fans Area · Indeks
- Sepakbola · Italia · Inggris · Spanyol · Jerman · Indonesia · Uefa · Bola Dunia · Fans Area · Indeks
- detikOto · Mobil · Motor · Modifikasi · Tips & Trik · Konsultasi · Komunitas · OtoTest · Galeri · Video · Forum · Indeks
- detikHot · Celebs · Music · Movie · Art · Gallery · Profile · KPOP · Forum · Indeks
- detikInet · News · Gadget · Games · Fotostop · Klinik IT · Ngopi · Produk Pilihan · Forum · Indeks
- detikFinance · Ekonomi Bisnis · Finansial · Properti · Energi · Industri · Sosok · Peluang Usaha · Pajak · Konsultasi · Foto · TV · Indeks
- detikHealth · Health News · Sexual Health · Diet · Ibu & Anak · Konsultasi · Health Calculator · Foto Balita · Bank Nama Bayi
- detikTravel · Travel News · Destinations · Photos · d'Trips · Hotels · Flights · ACI · d'Travelers Stories
- Wolipop · Fashion · Photos · Beauty · Love & Sex · Home & Family · Wedding · Entertainment · Sale & Shop · Hot Guide · d'Lounge · Indeks
- detikFood · Resep · Tempat Makan · Kabar Kuliner · Halal · Komunitas · Forum · Konsultasi · Galeri · Indeks
- detikSurabaya · Berita · Bisnis · Society · Foto · TV · Indeks
- detikBandung · News · Sosok · Info · Pengalaman Anda · Lifestyle · Iklan Baris · Foto · TV · Info Iklan · Forum · Indeks
Iklan Baris · Blog · Forum · Kolom Kita · adPoint · Seremonia · Sindikasi · Info Iklan · Suara Pembaca · Surat dari Buncit · detikTV · Cari Alamat
Copyright © detikcom, All Rights Reserved · Redaksi · Pedoman Media Siber · Karir · Kotak Pos · Info Iklan · Disclaimer

Cek Masa Pertumbuhan Anak Anda







_7.gif)

