detikhealth

Pasien Meninggal karena Dokter Ceroboh Tinggalkan Gunting dalam Perut

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Selasa, 12/02/2013 09:55 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Bukannya membaik, nyawa seorang pasien malah melayang setelah menjalani operasi di sebuah rumah sakit. Penyebabnya, dokter bedah yang menangani dengan ceroboh meninggalkan sebuah gunting di dalam perut pasien.

Seorang pria Arab Saudi berusia 68 tahun meninggal setelah ahli bedah di sebuah rumah sakit pemerintah daerah meninggalkan gunting rusak di dalam perutnya, yang menyebabkan sakit parah dan gangrene (jaringan mati).

Pria, yang diidentifikasi bernama M. Al Qarshi, telah menjalani operasi di King Abdul Aziz Specialized Hospital, di kota barat Taif, untuk menghilangkan tumor di perut dan ususnya.

Ia kemudian harus menginap di rumah sakit hampir sebulan, selama ia masih merasakan sakit yang luar biasa di perut. Tetapi dokter mengatakan bahwa sakit tersebut normal terjadi setelah operasi.

Setelah ia keluar dari rumah sakit, rasa sakitnya malah semakin memburuk. Keluarga langsung membawanya ke King Abdullah Medical City, di dekat kota Makkah.

Hasil scan menunjukkan ada sebuah gunting bedah rusak di dalam perut Qarshi. Dokter memutuskan untuk melakukan operasi darurat pada pria tersebut untuk mengeluarkan gunting serta bagian tubuhnya yang telah mati dan menjadi gangrene.

"Setelah operasi, Qarshi mengalami komplikasi dari gunting yang tertinggal di dalam tubuhnya selama beberapa waktu," jelas dokter kepada harian Sabq, seperti dilansir Emirates247, Selasa (12/2/2013).

Menurut harian setempat, ahli bedah di King Abdul Aziz Specialized Hospital yang menangani Qarshi sebelumnya, kini tengah diinterogasi oleh sebuah panel hukum medis yang ditetapkan oleh Departemen Kesehatan.

(mer/vit)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit