detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr Eddy Karta SpKK

dr Eddy Karta SpKK, Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl. Diponegoro. 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp. 62-21-7262072.

Bintik-bintik Kecil & Berair di Kulit Tangan, Apa Obatnya?

Rabu, 13/02/2013 11:17 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Dok saya mengalami gangguan pada kulit di tangan kiri. Jadi ada semacam bintik-bintik kecil berair, warnanya bening dan kalau lama menjadi kuning, rasanya sangat gatal dan terkadang kalau digaruk bintik-bintik berair itu pasti pecah karena terlalu sering digaruk dan semakin terasa sakit dan gatal.

Yang terkena dulu sih kedua tangan di bagian telapak dan jari tangan saya semuanya, tapi saya periksa ke dokter dan lumayan sembuh. Nah sekarang timbul lagi untuk sekian kalinya namun sekarang timbulnya hanya pada tangan kiri saja di bagian setengah telapak tangan atas dan dua jari tangan yang telunjuk dan jari tengah saja.

Ini sudah berlangsung lama sekitar setahun, dalam jangka waktu setahun itu saya rutin mengonsumsi obat methiylprednisolone. Kira-kira gitulah tulisannya saya lupa lagi. Kira-kira itu penyakit apa ya? Lalu cara mengobatinya bagaimana? Harap jawabannya. Terimakasih.

Yana (Pria lajang, 21 tahun)
eLwXXX@yahoo.com
Tinggi badan 157 cm, berat badan 46 kg

Jawaban:

Salam Yana,
Dari keluhan yang disampaikan, kemungkinan menderita penyakit kulit pomfolix yang bisa disebabkan oleh bakteri, virus maupun jamur. Infeksi ini bisa jadi berada di bagian tubuh yang lain, misalnya gigi berlubang.

Untuk itu harus diselesaikan infeksi di tubuh yang lain. Disarankan juga untuk
menjaga kebersihan kulit, menjaga daya tahan tubuh pelembab sehingga kondisi kulti dapat diperbaiki. Bila membaik, metilprednisolon dapat dihentikan konsumsinuya karena konsumsi kortikosteroid berkepanjangan memiliki banyak efek samping.

dr. Eddy Karta, SpKK

Dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Cipto Mangunkusumo Divisi Geriatri Dermatologi, Dept. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Jl Diponegoro No 71 Jakarta Pusat. Edmo Clinic Jalan Cikajang No 82 Jakarta Selatan. Telp 62-21-7262072.

(vit/up)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit