detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 29/12/2014 13:17
Kaleidoskop 2014
Senin, 29/12/2014 11:48
100 Konsultasi Terpopuler 2014

Gatal-gatal Sekitar Kelamin

Ayo Bersihkan Diri Usai Bercinta Agar Area Kelamin Tak Gatal-gatal

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Rabu, 13/02/2013 19:27 WIB
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Beberapa pasangan langsung jatuh tertidur setelah bercinta usai. Kebiasaan ini ternyata tidak baik karena bisa memicu gatal-gatal di sekitar alat kelamin.

"Bisa jadi karena setelah bercinta tidak membersihkan diri," kata dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Dani Djuanda Sp.KK, saat dihubungi detikHealth, Rabu (13/2/2013).

Saat bercinta, tubuh memproduksi sejumlah cairan baik itu keringat maupun cairan yang diproduksi di alat kelamin. Nah, karena cairan-cairan itu tidak dibersihkan, maka bisa mengundang kuman dan menjadi tempat tumbuh makhluk tersebut.

"Bisa juga karena saat bercinta terjadi gesejan dan menyebabkan lecet sehingga memicu iritasi dan jadi gatal," sambung dr Dani.

Rasa gatal di alat kelamin perempuan juga bisa terjadi sesaat setelah periode menstruasi selesai. Hal ini bisa terjadi karena malas mengganti pembalut. Padahal darah menstruasi yang keluar membuat area genital lembap.

"Gatal biasanya karena pembalut yang dipakai jadi lembab sehingga memicu jamur tumbuh," imbuh dokter yang berpraktik di RS Mitra Keluarga ini.

(vit/vta)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit