detikhealth

Punya Anak 4 Tapi Masih Tetap Ramping? Ini Rahasia Jana Parengkuan

Nurvita Indarini - detikHealth
Kamis, 14/02/2013 14:03 WIB
Punya Anak 4 Tapi Masih Tetap Ramping? Ini Rahasia Jana ParengkuanJana bersama sang suami (Vita/detikHealth)
Jakarta, Kebanyakan perempuan tubuhnya melar setelah melahirkan. Tapi Jana Parengkuan tetap memiliki tubuh ramping meski sudah melahirkan 4 anak. Sst, ini rahasia Jana.

"Tetap langsing setelah punya anak adalah idaman semua wanita, termasuk saya, ibu dengan 4 anak," ucap Jana dalam peluncuran buku 'Smart Eating 1.000 Jurus Makan Pintar & Hidup Bugar' di Plaza Senayan, Jakarta, dan ditulis pada Kamis (14/2/2013).

Istri dari presenter Erwin Parengkuan ini mengaku dirinya dulu adalah pemakan segala. Semua makanan dimakan tanpa mempedulikan bahaya kesehatan makanan tersebut. Salah satu jenis makanan yang sangat disukai Jana adalah gulai otak. Hampir setiap hari makanan itu disantapnya tanpa merasa 'berdosa'.

"Hingga suatu hari saya merasa seperti kesemutan dan kepala pusing. Pas cek ke dokter ternyata kolesterol saya tinggi. Sejak itu saya berubah. Kalau dulu semua makanan saya makan, apalagi makanan kaleng-kalengan, sekarang berubah lebih sehat," tutur perempuan kelahiran Praha pada 1976 lalu itu.

Setelah punya anak 4, badan Jana tetap kencang. Tidak tampak lemak yang menumpuk di badannya. Nah ini rahasia Jana:

1. Makan makanan sehat
Jana menghindari makan makanan bersantan yang tidak sehat untuk tubuh. Jika makan makanan padat kalori seperti martabak atau tahu goreng, maka jumlah makananannya dibatasi, misal hanya satu potong saja.

2. Jangan Percaya Langsing dengan Obat Saja

"Mungkin kalau langsing dengan obat bisa cepat, tapi sampai berapa lama. Biasanya kalau instan, hasilnya sesaat," ucap Jana yang masih aktif sebagai bintang iklan dan model ini.

Karena itu pola makan sehat harus dibarengi olahraga teratur.

3. Tidur Teratur

Jana berusaha memenuhi kebutuhan tidur 8 jam. Jika tidur malam tidak tercukupi selama 8 jam, maka dia akan memenuhi sisanya di siang atau sore hari.

4. Makan dalam Porsi Kecil Tapi Sering

"Saya makan bisa sampai 5-6 kali sehari, mengurangi karbohidrat dan memperbanyak lauk, sayur, dan buah," terangnya.

Kadang Jana bangun di tengah malam dan merasa lapar. Lalu apa yang dia makan? Dia akan makan kacang-kacangan, buah kering, dan makanan lain yang tidak akan membuat gemuk.

5. Tidak Minum Soda atau Sirop

"Untuk mengatasi keinginan minum sirop, saya bikin sirop sendiri," ujar Jana.

Sirop buatannya antara lain dibikin dari rebusan rosela. Menurut dia rebusan rosela enak dan lebih sehat.

6. Menghindari Minuman Dingin

Sebenarnya minum minuman dingin usai makan tidaklah masalah. Yang menjadi masalah adalah apabila minuman dingin itu memiliki banyak kandungan gula.

"Minum minuman dingin yang bergula itu yang akhirnya jadi bikin lemak," sambung Jana.

7. Melakukan Yoga dan Treadmill

Aktivitas ini sudah seperti ritual saja bagi Jana. Menurutnya latihan ini bisa dilakukan di rumah, sehingga lebih mudah dilakukan.

8. Menimbang Berat Badan 2 Pekan Sekali

"Dengan menimbang berat badan secara rutin bisa menjadi warning kalau berat badan sudah meningkat. Tapi ingat jangan dikurang-kurangi timbangannya," canda Jana.

9. Minum Multivitamin

Bagi Jana, vitamin sangat penting bagi tubuh. Meski dirinya rajin makan sayur dan buah namun multivitamin wajib dikonsumsinya.

10. Tidak Merokok

"Bahkan saya selalu bilang kepada anak-anak saya untuk berada jauh-jauh dari perokok," kata Jana.

11. Kesehatan Kulit Didapat secara Alami

Kulit wajah dan tubuh Jana yang mulus bukanlah hasil kerja salon ataupun facial. Rupanya dia lebih suka menjaga kesehatan kulit dengan bahan-bahan di sekitarnya.

"Cukup memakai masker wajah seminggu sekali dari putih telur, lidah buaya, stroberi, atau jeruk nipis dicampur madu," jelas Jana.

Untuk keperluan menjaga kecantikan kulitnya, dia rajin mencari informasi lewat buku ataupun internet. Hmm menjadi cantik ternyata tak harus mahal.

12. Love Yourself

Jana melakukan gaya hidup sehat bukan untuk menyenangkan suaminya. Tapi dia melakukannya untuk dirinya sendiri sebagai wujud cinta pada dirinya.

Anda mau coba rahasia langsing Jana?

(vit/ver)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit